Gobel Bertemu Menteri Industri dan Teknologi Turki Sepakati Kerjasama Kedirgantaraan

Gobel Bertemu Menteri Industri dan Teknologi Turki Sepakati Kerjasama Kedirgantaraan

Kastanews, Jakarta (23/9) : Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, mengadakan pertemuan dengan Menteri Industri dan Teknologi Turki, Mustafa Varank. Pertemuan berlangsung di sela-sela pameran teknologi dan kedirgantaraan Teknofest 2021, di Bandara Ataturk, Istanbul, Selasa (21/9).

Dalam pertemuan tersebut, Gobel didampingi Dubes RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal, Jazuli Juwaini (Fraksi PKS), Anton Sukartono Suratto (Fraksi Partai Demokrat), Bambang Patijaya (Fraksi Partai Golkar), dan Vera Febyanthi (Fraksi Partai Demokrat).

“Kami memiliki pemahaman yang sama bahwa Indonesia dan Turki harus menjalin kerja sama teknologi kedirgantaraan dan ruang angkasa,” kata Gobel, di Jakarta, Rabu (22/2).

Pertemuan itu juga menandatangani nota kerja sama antara PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dengan Turkey Aerospace Industries (TAI). Kedua pihak bersepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan pesawat N219 milik PTDI, pengembangan kapasitas dan sumberdaya manusia, serta kerja sama teknologi masa depan.

PTDI memiliki kekuatan dalam teknologi pesawat komersial, sedangkan TAI memiliki kekuatan dalam teknologi pesawat militer, keduanya diharapkan mampu berkolaborasi mendorong industri kedirgantaraan kedua negara.

“DPR terus mendorong dan menginisiasi agar Indonesia makin kuat dalam teknologi dirgantara. Apa yang sudah diwariskan Pak BJ Habibie harus diteruskan dan ditingkatkan,” kata Gobel.

Kerjasama lain juga disepakati antara PTDI dan Hava Elektronik Sanayi ve Ticaret AS (Havelsan) tentang pengembangan simulator pesawat untuk pesawat N219.

“Pertemuan berlangsung sangat produktif. Banyak kesepahaman antara kedua negara,” kata Gobel.

Sebelumnya, Turki merupakan produsen pesawat untuk kepentingan pertahanan seperti pesawat tempur, pesawat helikopter, dan pesawat tanpa awak (drone). Semua produk tersebut juga telah teruji dalam operasi-operasi militer Turki di Timur Tengah.

“Turki akan belajar dari Indonesia untuk teknologi pesawat sipil, dan Indonesia akan belajar dari Turki untuk teknologi pesawat militer,” kata Gobel.

Dalam pagelaran Teknofest 2021, Indonesia yang diwakili PT Dirgantara Indonesia (PTDI), PT Inka, dan Sejumlah Universitas, menjadi tamu kehormatan dalam pameran teknologi dan kedirgantaraan tersebut. Indonesia diwakili, sejumlah perwakilan mahasiswa dari tujuh universitas juga ikut berlomba di ajang kompetisi teknologi tersebut. (Yudistira)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *