Gelar Pahlawan Nasional Syaikona jadi Hadiah Hari Santri

Gelar Pahlawan Nasional Syaikona jadi Hadiah Hari Santri

KASTANEWS.ID, JAKARTA: Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW NasDem Jawa Timur (Jatim), Ipong Muchlissoni mendukung pemberian gelar pahlawan nasional untuk Syaikhona Muhammad Kholil Bin Abdul Latif.

“Tahun 2021 ini, Syaikhona Muhammad Kholil diharapkan betul-betul bisa ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Penetapan itu akan menjadi hadiah untuk Hari Santri Nasional, untuk seluruh pesantren di Indonesia, dan untuk warga Jawa Timur,” ujar Ipong usai menghadiri Seminar Nasional Fraksi Partai NasDem MPR RI ‘Syaikhona Kholil Pejuang Kultural, Guru Para Pahlawan Nasional’ di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (14/10).

Ipong mengatakan antusias masyarakat Jatim sangat luar biasa, karena semua warga Jatim tahu siapa Syaikhona Muhammad Kholil.

“Jadi mereka semua menganggap pantas dan berharap Syaikhona Muhammad Kholil dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. Hari ini saja ada tiga bis yang berangkat dari Jatim ke Jakarta untuk mengikuti seminar nasional hari ini. Padahal dari Sumenep ke Jakarta naik bis memakan waktu 15 jam,” paparnya.

Lebih lanjut mantan Bupati Ponorogo itu menjelaskan bahwa yang datang pada seminar itu bukanlah orang biasa, melainkan para kyai.

“Respon warga Jatim positif, namun mereka tidak dalam posisi demo atau gimana ya, tapi ya demokratis saja, hadir memberikan dukungan sekaligus doa. Dan mereka ini bukan orang biasa, mereka ini para kyai dari kampungnya masing-masing.

Menjelaskan tentang gagasan pemberian gelar pahlawan untuk Syaikhona Muhammad Kholil. Bupati Ponorogo periode 2016-2021 itu menjelaskan bahwa Partai NasDem ikut mendorong dan berkomitmen memperjuangkan gelar tersebut.

“Kita mengkongkritkan juga dengan cara memperjuangkannya, dari mulai membantu tim menuliskan naskah akademik, melakukan telusur-telusur, ke Kementerian Sosial, Dewan Gelar Nasional dan sebagainya. Jadi kongkrit kita lakukan itu,” tukas Ipong.(Dis/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *