DPD RI Himbau Seluruh Pihak Dukung Paslon Terpilih

DPD RI Himbau Seluruh Pihak Dukung Paslon Terpilih

PANGKAL PINANG, 27 Juni 2018: Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) meminta masyarakat untuk menerima hasil pemungutan suara dengan legowo, termasuk jika pasangan calon kepala daerah yang didukung ternyata kalah dalam perhelatan Pilkada serentak 2018. Hal ini dikatakan Wakil Ketua Komite I DPD RI, Hudarni Rani saat melakukan pencoblosan dan peninjauan ke 5 TPS di Kecamatan Taman Sari, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Rabu, 27/6/2018.

Hudarni mengatakan bahwa dalam proses demokrasi, pilihan politik yang berbeda dalam masyarakat merupakan suatu hal yang tak bisa dihindari. Namun, masyarakat tetap harus mengedepankan tali persaudaraan meski memilih calon pemimpin yang berbeda.

Ini hak politik masyarakat yang harus ikut andil dalam penilaian terhadap daerah. Kita berharap pemimpin yang terbaik, penilaiannya ada di masyarakat itu sendiri. Hak masyarakat yang menilai. Jadi apapun yang dipilih oleh masyarakat harus diterima dengan baik, jangan sampai ada masalah di kemudian hari,” jelas mantan Gubernur Bangka Belitung ini.

Senada dengan Hudarni, anggota Komite IV DPD RI asal Bangka Belitung, Herry Erfian, yang juga turut melakukan pemantauan pilkada berharap paslon kepala daerah yang terpilih menjadi pemimpin mampu bersinergi dengan pemerintahan diatasnya.

Kami dari DPD RI berharap siapa yang terpilih menjadi pemimpin mampu membuat kabupaten/kota dipimpinnya menjadi lebih baik. Mampu bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” ujarnya.

Hal penting lainnya yang perlu disikapi, tambah Herry, adalah menjaga proses pilkada dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Menurutnya, seluruh unsur penyelenggara pilkada telah melaksanakan tugas dengan baik sehingga pilkada dapat berjalan sesuai rencana.

“Hasil pemantauan kami dilapangan menunjukkan para penyelenggara pemilu dapat melaksanakan tugas dengan baik, mulai dari persiapan beberapa waktu lalu sampai dengan pelaksanaan hari ini. Mereka sudah melakukan sosialisasi dengan sebaik-baiknya dan menjaga keamanan pilkada,” katanya.

Hal lain yang dikhawatirkan adalah rendahnya partisipasi masyarakat.

“Namun, saya tetap optimis dengan kondisi cuaca yang cerah hari ini, masyarakat akan berbondong-bondong mendatangi TPS. Ya kita harapkan partisipasinya akan lebih baik,” ujarnya. (tho/kastanews.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *