Demokrat Singgung JK Tentang Piagam Perjanjian Koalisi Perubahan untuk Persatuan

Demokrat Singgung JK Tentang Piagam Perjanjian Koalisi Perubahan untuk Persatuan

JAKARTA (Kastanews.com)- Partai Demokrat menanggapi isu mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengusulkan nama sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan. Kabar beredar, tokoh yang diusulkan JK itu berasal dari Jawa Timur.

Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menegaskan, kriteria cawapres Anies Baswedan mengacu pada piagam perjanjian Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Cawapres ditentukan langsung oleh Anies Baswedan.

“Jadi jika ada pihak-pihak yang mengajukan usulan silakan saja, namun ini semua berpulang kepada Mas Anies yang menjadi penentu,” kata Kamhar saat dihubungi, Rabu (29/3/2023).

Kamhar membeberkan kriteria cawapres yang tercantum dalam piagam itu. Pertama, berkontribusi dalam pemenangan diwujudkan dengan tingkat elektabilitas yang tinggi dan tingkat kerentanan politik yang rendah. Kedua, berkontribusi dalam memperkuat dan menjaga stabilitas koalisi. Ketiga, berkontribusi dalam pengelolaan pemerintahan yang efektif. “Keempat, memiliki visi yang sama dengan calon presiden. Kelima, berkomitmen membangun kebersamaan sebagai dwi-tunggal,” katanya.

Untuk diketahui, Jusuf Kalla diakui telah mengusulkan nama cawapres sebagai pendampingi Anies Baswedan. Tidak hanya satu tapi beberapa nama yang dinilai cocok dengan capres Koalisi Perubahan itu. Hal ini disampaikan Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya kepada media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/3/2023).

Sebelumnya, JK terlihat hadir dalam acara buka puasa bersama sejumlah elite politik di Nasdem Tower pada Sabtu (25/3/2023). “Ya kalau Pak JK menyarankan, ya salah satu orang yang kami ajak diskusi juga Pak JK. Itu sah-sah saja,” kata Willy.

Meski begitu, Willy tak menyebut siapa nama yang diusulkan JK menjadi cawapres Anies Baswedan. Ia mengungkapkan figur yang diusulkan berlatar belakang etnis Jawa. “Ya sejauh ini karena memang banyak rekomendasi karena battleground-nya itu di Jawa, maka secara spesifik itu Jatim atau Jawa lah. Kan Jawa adalah kunci katanya kan. Ya rekomendasinya dari Jawa gitu,” katanya.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *