Bang Tyo, Konsisten Dorong Pertumbuhan Kewirausahaan di Babel

Bang Tyo, Konsisten Dorong Pertumbuhan Kewirausahaan di Babel

BABEL (Kastanews.com): Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Zuristyo Firmadata konsisten mendorong pertumbuhan kewirausahaan khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tumbuhnya wirausaha akan memberi sumbangsih besar dalam perekonomian masyarakat.

Salah satu usaha yang dilakukan Zuristyo adalah dengan menggelar berbagai sosialisasi terkait kemudahan berusaha. Sosialisasi kali ini dengan tema ‘Forum Sosialisasi di Bidang Distribusi Barang dalam Rangka Kemudahan Berusaha’, yang diselenggarakan di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, Rabu (3/5). Kegiatan ini merupakan kerja sama Zuristyo dengan Kementerian Perdagangan sebagai mitra kerja Komisi VI DPR.

Zuristyo menyampaikan salah satu bentuk usaha yang sangat populer dan mudah dijalankan dengan resiko yang rendah, yaitu waralaba. Waralaba adalah bentuk kerja sama antara pemilik merek dagang yang akan mendelegasikan mereknya kepada pihak lain. Pihak lain ini perlu membeli izin untuk pemakaian merek tertentu untuk menjalankan sebuah usaha.

“Kemitraan waralaba berkembang pesat di Indonesia karena memiliki produk unik, harga kompetitif, dan kemitraan yang sederhana dengan investasi ringan. Waralaba telah menjadi salah satu bisnis paling populer dari tahun ke tahun. Keunggulan bisnis waralaba menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Selain menguntungkan, konsep bisnis tersebut lebih mudah dijalankan,” ujar Zuristyo dihadapan para peserta sosialisasi.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, pada masa Covid-19 tahun 2020 bisnis waralaba di Indonesia masih tetap berkontribusi dalam penyerapan 628.000 tenaga kerja dan mencatat omset Rp54,4 miliar. Bang Tyo sapaan akrab Zuristyo berharap peserta dan masyarakat secara umum bisa mengambil peluang pada bisnis waralaba.

“Saya berharap kepada peserta dan masyarakat luas dapat mengambil peluang dalam menangkap informasi serta menjalankan bisnis distribusi secara tidak langsung yang salah satunya adalah bisnis Waralaba. Selain itu, tentu saya pun berharap agar kiranya peserta dapat memanfaatkan dan menciptakan peluang usaha berskala nasional hingga internasional,” tutup Legislator dari Dapil Bangka Belitung itu.

Pada sosialisasi tersebut hadir sebagai narasumber, Erwansyah (Ketua Tim Bidang Informasi Pelaku Usaha Perdagangan Direktorat Bina Usaha Perdagangan, Kementerian Perdagangan RI), Andi Rante (Ekonom Milenial/Motivator Wirausaha), Susilawati (Akademisi).(rlsUmam/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *