Bang Tyo Dorong UMKM Babel Lakukan Standardisasi Produk

Bang Tyo Dorong UMKM Babel Lakukan Standardisasi Produk

PANGKALPINANG (Kastanews.com):  Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Zuristyo Firmadata terus berupaya meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mendorong standardisasi produk.

“Dengan adanya SNI (Standar Nasional Indonesia) akan membantu konsumen dalam memilih produk berkualitas, terbebas dari produk berbahaya. SNI membuat konsumen dapat menikmati barang yang sesuai antara harga dan kualitas,” ujar Zuristyo dalam sosialisasi standardisasi dan penilaian kesesuaian dengan tema ‘Tingkatkan Daya Saing Produk UMKM dalam Negeri dengan SNI’, di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Rabu (15/3).

Sosialisasi tersebut merupakan kerja sama antara Zuristyo dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Bang Tyo sapaan akrab Zuristyo mengatakan, sektor UMKM mesti diprioritaskan dalam upaya menumbuhkan kembali ekonomi pasca pandemi Covid-19. Sektor UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

“Namun yang menjadi persoalan adalah belum optimal dan meratanya standardisasi bagi UMKM, sehingga daya saing UMKM di beberapa wilayah masih rendah,” tandasnya.

Untuk itu, kegiatan semacam ini diperlukan untuk menambah pengetahuan pelaku UMKM terkait standardisasi. Ia pun mendorong UMKM untuk menerapkan standardisasi pada setiap produk mereka.

“Sehingga produk yang dihasilkan bisa memenuhi standar yang telah ditetapkan. Dengan begitu produk UMKM kita bisa naik kelas, merajai pasar nasional maupun global,” ujarnya.

Legislator dari Dapil Bangka Belitung itu juga berharap pelaku UMKM bisa memahami dan segera mendaftarkan sertifikasi produk mereka ke BSN.

“Kita menggandeng mitra kerja semata hanya untuk memenuhi harapan dan aspirasi masyarakat Babel untuk meningkatkan UMKM. Ini bentuk keseriusan kami dalam mendorong UMKM agar bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional,” pungkas Ketua DPW NasDem Babel itu. (Umam/dis/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *