Ayep Zaki Tanam Pisang Cavendish Wujudkan Ekosistem Pertanian

Ayep Zaki Tanam Pisang Cavendish Wujudkan Ekosistem Pertanian

KASTANEWS.ID, SUKABUMI: Ketua Dewan Pakar NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki, bersama dengan Regu Pengendali Hama (RPH) dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung melakukan penanaman perdana Pisang Cavendish di Kampung Panenjoan, Desa Tenjojaya, Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (16/2).

Dalam acara tersebut, Ayep Zaki bersama tim RPH melakukan penanaman sebanyak 6.780 pohon di atas luas lahan 3 Ha yang terdiri dari 6000 benih pisang dan 780 pohon pisang untuk ditanam di pekarangan masjid dan madrasah yang ada di sekitar lahan budidaya tersebut.

Lebih jauh Anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Pusat ini menjelaskan bahwa penanaman ini merupakan satu implementasi dari penataan kebaikan yang disimbolkan dengan penanaman pohon pisang cavendish.

“Hak tanah itu adalah untuk ditanami dan hak tanaman itu untuk ditanam, melalui program ini saya akan menanam kebaikan diawali dengan wilayah Kabupaten Sukabumi,” kata Ayep Zaki dalam keterangannya.

Menurutnya, kemitraan Budidaya Pisang Cavendish ini merupakan bentuk komitmen dirinya dalam membangun ekosistem pertanian di wilayah Sukabumi Raya. Menurut dia salah satu semangat NasDem adalah gerakan perubahan yang dapat ditandai melalui peningkatan kesejahteraan para petani dan masyarakat luas.

“Selain itu kita ingin memanfaatkan semaksimal mungkin potensi lahan yang ada di Sukabumi sehingga dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat,” tambah dia.

Sebagai informasi, Pisang Cavendish merupakan salah satu dari sekian banyak jenis pisang yang menjadi primadona masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia yang sangat terkenal sebagai pisang dengan nama pisang Ambon putih.(Wayram/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *