Totalitas Ayep Zaki Bina Pedagang Asongan Sukabumi 

Totalitas Ayep Zaki Bina Pedagang Asongan Sukabumi 

SUKABUMI (Kastanews.com): Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem, H. Ayep Zaki Konsisten membina komunitas pedagang asongan Sukabumi Raya. Para pedagang kembali mendapat bantuan modal usaha tahap kedua.

Ayep mengatakan pembinaan tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi menata kebaikan dalam rangka mendukung perekonomian lokal. Bantuan modal usaha tahap kedua itu disampaikan secara simbolis kepada para pedagang asongan Sukabumi Raya di Salakopi, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (9/2).

“Komitmen untuk menata kebaikan di Sukabumi harus terus dijaga. Termasuk merangkul komunitas pedagang asongan, merekalah wong cilik yang perlu dibantu, bukan dengan janji tapi kongkrit dengan bukti. Sekecil apapun program menata kebaikan harus terimplementasi. Mereka adalah pihak yang harus merasakan langsung program ini, bukan sekadar wacana,” terang Ayep dalam keterangannya, Kamis (15/2).

Bantuan pertama telah dilakukan Ayep Zaki pada akhir Juni 2023 lalu. Kini bantuan kedua juga telah dilakukan. Bahkan Ayep juga menegaskan, jika modal bantuan tersebut tidak perlu dikembalikan tapi juga tidak boleh hilang.

“Modal ini tidak ada bunga maupun bagi hasil. Silakan keuntungan yang diperoleh dan diambil untuk masing-masing. Jika ada rezeki silakan berpartisipasi kepada wakaf minimal Rp50 ribu. Itu karena ke depannya menata kebaikan ini salah satu instrumennya yaitu wakaf uang, yang nantinya mempunyai jangkauan lebih besar,” jelas Ayep.

Ketua Asosiasi pedagang asongan Sukabumi Raya, Herman bersyukur komunitas pedagang asongan Sukabumi Raya mendapat dukungan dan bantuan untuk memajukan usaha mereka. Diakuinya stimulan tersebut mampu memacu semangat mereka untuk terus mengembangkan usahanya.

“Beliau (H. Ayep Zaki) terus menerus memberikan sumbangan, bertambahnya modal untuk membantu kesejahteraan bahkan membantu perekonomian para pedagang asongan yang selama ini dibina pak Ayep Zaki,” jelas Herman.

Herman menerangkan bantuan tersebut merupakan amanah yang tak dihabiskan begitu saja tetapi dimanfaatkan sebagai modal usaha sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh anggota asosiasi pedagang asongan Sukabumi Raya.

“Ini berputar terus siapa yang belum dapat, tetap ada jadwalnya untuk mereka, agar mereka bisa menikmati hasil dari pak Ayep Zaki yang selama ini beliau terus menerus membantu komunitas ini agar menunjang perekonomian kami,” tukas Herman.

Ayep Zaki memang dikenal publik sebagai salah satu tokoh yang gigih memperjuangkan ekonomi kerakyatan bahkan bukan hanya di Sukabumi saja yang notabene tanah kelahirannya, melainkan Ketua Deputi Perkebunan Timnas Pemenangan AMIN itu juga telah membangun ekonomi kerakyatan di berbagai wilayah di tanah air.

Semangatnya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat itu diwujudkan dalam berbagai sektor mulai dari pertanian, pendidikan, manufaktur, hingga UKM-UKM lainnya di masyarakat. (wayram/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *