Tiga Bacapres Ini Belum Tergantikan, Terus Kejar-kejaran

Tiga Bacapres Ini Belum Tergantikan, Terus Kejar-kejaran

JAKARTA (Kastanews.com)- Lembaga survei Indikator Politik Indonesia melaporkan elektabilitas 34 calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024. Ganjar Pranowo tercatat masih berada di peringkat pertama sebesar 30,8 persen.
“Prabowo Subianto dan Anies Baswedan bersaing tipis (sama-sama) 21,7 persen,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin dalam survei bertajuk Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik dalam Surnas Terbaru, secara virtual, Minggu, 26 Maret 2023.
Burhanuddin menjelaskan posisi capres teratas ini sulit tergantikan dengan nama lainnya. Dia menganologikan persaingan ketiga capres ini serupa dengan pacuan kuda.
Sebab, Februari 2020, Prabowo menjadi capres yang paling unggul, Anies berada di peringkat dua, dan Ganjar di peringkat tiga. Kondisi cepat berubah, pada Januari 2021, Ganjar menyalip Anies di peringkat kedua.
Setahun kemudian, pada April 2022, Ganjar memuncaki survei dengan menyalip Prabowo. Prabowo bahkan semakin turun ke peringkat tiga karena juga disalip Anies. Sebab, sekitar Oktober-November 2022, Anies dideklarasikan oleh Partai NasDem menjadi capres.
“Tapi (Anies) mengalami pelemahan dalam beberapa bulan terakhir. Dan, Prabowo surprise-surprise itu rebound dalam beberapa bulan terakhir. Dan elektabilitasnya sekarang (Maret 2023) menyalip sedikit kurang lebih sama dengan Anies Baswedan,” tutur dia.
Sementara itu, Burhanuddin menyebut kondisi capres peringkat empat ke bawah tidak mengalami perubahan. Ridwan Kamil masih unggul, disusul Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Sandiga Uno.
Berikut elektabilitas 34 capres dengan simulasi 34 nama semi terbuka menurut Indikator Politik Indonesia:
Ganjar Pranowo: 30,8 persen
Prabowo Subianto: 21,7 persen
Anies Baswedan: 21,7 persen
Ridwan Kamil: 6,3 persen
Agus Harimurti Yudhoyono: 1,6 persen
Sandiaga Uno: 1,1 persen
Khofifah Indar Parawansa: 1 persen
Erick Thohir: 0,9 persen
Puan Maharani: 0,6 persen
Habib Rizieq: 0,6 persen
Abdul Somad: 0,6 persen
Muhaimin Iskandar: 0,5 persen
Hary Tanoesoedibjo: 0,4 persen
Susi Pudjiastuti: 0,4 persen
Ma’ruf Amin: 0,4 persen
Bahlil Lahadalia: 0,4 persen
Mahfud MD: 0,3 persen
Andika Perkasa: 0,2 persen
Tri Rismaharini: 0,2 persen
Airlangga Hartarto: 0,2 persen
Surya Paloh: 0,1 persen
Gatot Nurmantyo: 0,1 persen
Peringkat 23-34: 0 persen.(rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *