Sister City Gorontalo-Denizli Kembangkan Transfer Pengetahuan dan Pengalaman

Sister City Gorontalo-Denizli Kembangkan Transfer Pengetahuan dan Pengalaman

KASTANEWS.ID, DENIZLI: Wakil Ketua DPR RI  Rachmad Gobel terus melakukan langkah-langkah diplomasi untuk mempererat hubungan bilateral bersama negara-negara maju di dunia. Upaya ini untuk membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional.

Dalam kunjungan ke Denizli, Turki, Rachmad Gobel bersama Gubernur Denizli, Vali Ali Fuat Atik membahas program sister city antara Indonesia dan Turki. Hal ini sebagai upaya untuk lebih mengeratkan hubungan kerja sama kedua negara yang telah berjalan dengan baik selama ini.

“Hubungan kerja sama yang kami lakukan tidak sebatas pada hubungan yang dilandasi kepentingan eknonomi, melalui aktivitas perdagangan dan bisnis semata. Melainkan dapat dikembangkan melalui hubungan transfer pengetahuan dan transfer pengalaman dalam mengembangkan sektor penting yang dimiliki kedua negara, melalui program sister city,” ungkap Legislator NasDem itu saat bertemu Gubernur Vali Ali Fuat Atik di ruang kerja Gubernur Denizli, Minggu, 25 Oktober 2021. 

Gobel memang tertarik dengan Denizli, karena kota tersebut mempunyai kawasan pabrik kerajinan tangan dari kaca yang bernama Pasbache dan memiliki destinasi wisata mendunia serta kawasan pertanian yang begitu baik walaupun dengan keterbatasan sumber daya air.

Kerajinan tangan di Denizli dikerjakan dengan detail dan penuh totalitas untuk menghasilkan karya seni bernilai tinggi. Ketulusan merawat identitas juga ikon berbagai destinasi wisata adat dan budaya Islam di kota tersebut.

“Saya berharap program sister city itu dapat diawali antara kota yang ada di Provinsi Gorontalo dengan kota besar Denizli, sehingga bisa melahirkan para pelaku kerajinan tangan yang bisa menjaga adat, kultur, serta budaya kita,” kata Legislator NasDem dari Dapil Gorontalo itu.

Gobel menambahkan, Kota Gorontalo yang dijuluki Serambi Madinah, menjadikannya kota yang memiliki kemiripan dalam hal kultur agama maupun potensi pertanian dan wisata, dengan kota besar Denizli.

Program sister city itu juga diharapkan, mencakup kerja sama antarperguruan tinggi yang ada di kedua daerah Gorontalo-Denizli.

Gubernur Denizli, Vali Ali Fuat Atik menyambut baik ide program sister city yang disampaikan Rachmad Gobel. Antusiasme Ali Fuat, tidak lepas dari kehangatan diplomasi yang dilakukan Gobel.

Pembicaraan kedua tokoh itu terlihat begitu akrab. Bahkan Ali Fuat Atik menawarkan seduhan kopi yang berasal dari biji kopi yang telah tersimpan selama 40 tahun. Hal itu juga sebagai isyarat keinginan pemerintah setempat untuk menjalin hubungan kerja sama yang berlangsung awet seperti halnya usia kopi yang diseduhkan.

Di akhir pertemuan, kedua tokoh itu saling bertukar cendera mata yang mejadi ciri khas dari kedua negara Indonesia-Turki.(rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *