Setelah Pajale, Ayep Zaki Kembangkan Budidaya Buah-Buahan

Setelah Pajale, Ayep Zaki Kembangkan Budidaya Buah-Buahan

SUKABUMI (Kastanews.com): Setelah fokus mengembangkan budidaya padi, jagung dan kedelai (Pajale) kini Ayep Zaki mulai merambah budidaya buah-buahan, khususnya pisang. Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem ini terus berkomitmen membangun ekosistem pertanian.

“Jadi ini satu komitmen bagaimana memberdayakan ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian dan ini komitmen yang akan saya bangun terus-menerus,” ungkap H. Ayep Zaki dalam keterangannya, Rabu (28/12).

Wakil Bendahara Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) itu menerangkan di luar komoditas padi, jagung, dan kedelai (Pajale) bakal calon legislatif dari daerah pemilihan Jawa Barat IV ini juga tengah mengembangkan varian pisang lokal hingga premium seperti pisang tanduk, pisang raja bulu, pisang barangan, pisang mas, pisang ambon termasuk juga pisang cavendish

“Dan kita sudah dua kali panen. Jangka waktu penanamannya itu kurang lebih sekitar delapan bulan yang lalu,” terangnya.

Untuk memaksimalkan hasil pertaniannya, Ayep Zaki yang juga Anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu juga turun langsung memberikan pembinaan dan pendampingan kepada para petani buah-buahan seperti durian dan melon premium.

“Kita akan terus mengembangkan buah-buahan lain termasuk melon yang premium serta durian lokal produk dari balai benih yang diproduksi oleh balai-balai benih yang memilik standar sertifikasi,” terang dia.

Ketua Dewan Pakar DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi itu melanjutkan, pihaknya akan terus mengembangkan langkahnya demi terciptanya satu ekosistem pertanian yang akan melahirkan ekosistem ekonomi yang bisa membidani kesejahteraan dan kemakmuran bagi seluruh yang terlibat di ekosistem tersebut.

“Jadi apabila ingin berkembang maju bersama-sama, saya mengajak kepada seluruh masyarakat, bisa bergabung bersama kami di NasDem pada Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa,” kata dia.

Dijelaskan Ayep, selain di wilayah Sukabumi, fokus pengembangan budidaya buah-buahan tersebut dilakukan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, di Provinsi Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Provinsi Lampung.

“Kami fokus dan ini menjadi komitmen saya sebagai kader NasDem yang merupakan anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP NasDem. Kita bekerja terus, bekerja dan bekerja yang pada akhirnya nanti kita akan mendapatkan hasil untuk kepentingan bersama-sama,” tutup Ayep. (wayram/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *