RUU KIA Jadi Angin Segar bagi Ibu dan Anak Indonesia

RUU KIA Jadi Angin Segar bagi Ibu dan Anak Indonesia

BEKASI (Kastanews.com)- Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Mohammad Haerul Amri menyambut baik RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA). RUU yang baru-baru ini disahkan sebagai RUU inisiatif DPR RI ini menjadi angin segar bagi ibu dan anak Indonesia.
“RUU KIA ini menjadi angin segar terhadap upaya menangani persoalan stunting di Indonesia yang masih tinggi,” kata Haerul Amri dalam Focus Group Discussion (FGD) Fraksi NasDem MPR RI dengan tema ‘Mempublikasikan Nilai-Nilai Pancasila’, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/7).
Aam menyebut, angka stunting di Indonesia masih sangat tinggi. Bahkan, Indonesia kini berada di urutan ke-5 dunia sebagai negara dengan stunting tinggi.
“Perbandingannya, 1 dari 4 anak mengalami stunting. Kemudian angka kematian ibu juga tinggi, dari 100 ribu ibu melahirkan ada 300 meninggal,” beber Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP Partai NasDem NasDem itu.
Tingginya angka stunting dan kematian ibu melahirkan harus ditekan. Payung hukum seperti UU KIA akan menjamin kesejahteraan ibu dan anak, sehingga bisa menekan permasalahan tersebut.
Aam juga menegaskan, RUU KIA sebagai pedoman memastikan anak-anak generasi penerus bangsa memiliki tumbuh kembang yang baik agar kelak menjadi SDM yang unggul.
Beberapa hal yang menjadi subtansi dari RUU KIA diantaranya, mengatur cuti melahirkan 6 bulan dan cuti suami 40 hari untuk mendampingi istri melahirkan. Hal itu masih menjadi pro dan kontra di masyarakat dan pengusaha. Harapannya, ibu bisa memberikan ASI eksklusif dan pengasuhan penuh pada anak.
Kemudian, lanjut Aam, RUU KIA juga mengatur kewajiban pemerintah pusat dan pemerintah daerah memastikan asupan makanan sehat dan gizi seimbang terpenuhi bagi ibu hamil, ibu melahirkan, ibu menyusui, dan anaknya.
“RUU KIA juga merupakan implementasi nilai-nilai Pancasila,” tandas Legislator dari Dapil Jawa Timur II (Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Pasuruan) tersebut.
Dalam FGD itu, penerima penghargaan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2021 dari Forum Komunikasi Jurnalis Nahdliyin ini juga menyinggung beberapa isu terkini yang ramai diperbincangkan, seperti ‘Citayem Fashion Week’, isu ekonomi serta isu ancaman resesi ekonomi global, dan beberapa isu lainnya.
Turut hadir dalam FGD tersebut, Pimpinan dan Anggota Fraksi NasDem MPR RI, Fadholi, Saan Mustopa, Muhammad Farhan dan Rian Firmansyah. (RO/Dis/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *