Rico Sia Resmikan dan Lakukan Penyalaan Perdana BPBL ke 52 Rumah Tangga di Solsel

Rico Sia Resmikan dan Lakukan Penyalaan Perdana BPBL ke 52 Rumah Tangga di Solsel

TEMINABUAN (Kastanews.com)- Anggota Komisi VII DPR-RI dari Fraksi Partai NasDem Rico Sia meresmikan dan melakukan penyalaan perdana Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) ke 52 rumah tangga di Desa Kaibus, Distrik Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya, Rabu (22/2).
BPBL ini merupakan program dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menjadi mitra kerja Komisi VII DPR RI.
Dalam sambutannya Rico Sia mengapresiasi Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, PT. PLN (Persero), dan semua pihak karena program BPBL bisa terus berjalan secara berkesinambungan. Menurut Rico, program ini dapat membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu yang belum memiliki listrik.
“Oleh karenanya saya berharap, pemerintah daerah agar lebih jeli dan memperhatikan warga yang belum memiliki listrik. Program ini adalah upaya pemerintah agar masyarakat bisa menikmati listrik dari PLN,” ungkap Rico Sia.
Legislator NasDem dari Dapil Papua Barat itu juga menambahkan, dengan tersalurkannya listrik ke rumah-rumah warga, akan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat agar dapat hidup lebih baik dengan perekonomian yang juga lebih baik.
“Jika ada warga di dapil saya yang belum memiliki listrik, tolong beritahu saya. Jangan sungkan, sampaikan ke saya. Kasih saya masukan. Jangan didiamkan. Karena nanti tidak ada gunanya saya di DPR,” tukas Rico.
Berada di DPR, tambah Rico, itu bukan untuk minta dilayani, tapi untuk melayani, memperhatikan, memperjuangkan aspirasi–aspirasi masyarakat, sehingga daerah yang saya wakili bisa mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan.
Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Wanhar menjelaskan, listrik adalah kebutuhan dasar yang sangat diperlukan, salah satu tujuan program ini adalah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di pedesaan belum berkembang, terpencil, perbatasan dan pulau kecil berpenduduk.
“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Dirjen Gatrik) yang telah melakukan pemasangan Listrik Baru kepada 427 Rumah Tangga di Provinsi Papua Barat Daya, dan khususnya sebanyak 52 Rumah Tangga di kabupaten Sorong Selatan, yang merupakan program Tahun Anggaran 2022,” ucap Wanhar.
Wanhar juga mengapresiasi aspirasi Rico Sia yang sudah bergerak lebih cepat untuk melaksanakan Program BPBL di awal tahun 2023. Saat ini, tambahnya, sudah ada 757 usulan Rumah Tangga dari 1.050 kuota yang disediakan oleh Dirjen Gatrik, dan terbanyak yang mengajukan adalah dari kabupaten Sorong Selatan sebanyak 541 data.(sonia/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *