Rico Sia Realisasikan 350 PJUTS di Seluruh Pelosok Papua Barat

Rico Sia Realisasikan 350 PJUTS di Seluruh Pelosok Papua Barat

KASTANEWS.COM, SORONG: Rico Sia merealisasikan pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di 350 titik yang tersebar di kota/kabupaten di Papua Barat. Program tersebut merupakan aspirasi Rico dengan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Tahun 2021 dan tahun ini sudah terealisasi.

Dalam keterangannya Rico mengatakan, PJUTS merupakan penerangan jalan umum dengan daya listrik disuplai oleh sistem mandiri yang diperoleh dari energi matahari. Hal tersebut sangat cocok untuk menjangkau daerah-daerah yang belum teraliri listrik oleh PLN, khususnya di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).

Program itu terus digaungkan dalam rangka melakukan upaya penghematan energi, biaya, serta mendukung komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi GRK (Gas Rumah Kaca).

”Saya berharap titik-titik yang sudah terpasang, dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan warga sehari-hari. Seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat menjaga serta merawat lampu penerangan itu bersama-sama,” ujar Rico.

Saat melakukan reses pada Jumat (22/7) di Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rico Sia menjelaskan, untuk program Tahun 2022, rencananya Papua Barat akan mendapatkan alokasi 400 titik. Namun, ia berjanji akan memperjuangkan untuk mendapatkan tambahan alokasi titik lagi, yang sementara progresnya saat ini masih tahap survei lapangan.

”Saya terus berupaya memperjuangkan lebih untuk dapil saya, karena Tanah Papua khususnya Papua Barat jelas berbeda dengan provinsi lainnya. Seharusnya mendapatkan kekhususan tersendiri yaitu mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah,” tandas Legislator NasDem dari Dapil Papua Barat itu.

Salah satu tempat yang mendapat alokasi pemasangan PJUTS adalah Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong. Kepala Kampung Malaumkarta, Jeffry Mobalen mengatakan, dengan PJUTS yang dipasang sepanjang jalan kampung, Rico Sia telah mewujudkan program Nawacita pemerintah, yakni meningkatkan fasilitas penerangan jalan di Provinsi Papua Barat.

Diakui Jeffry Mobalen, selama ini warga kampung Malaumkarta hanya memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) untuk kebutuhan penerangan ke rumah warga, sedangkan lampu jalan belum tersedia. Oleh sebab itu dengan bantuan PJUTS itu jalan jalan menuju kampung sudah terang.

”Mewakili warga, saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Rico Sia, anggota DPR RI atas aspirasinya ini. Selama ini, kami hanya pakai listrik PLTMH untuk penerangan di rumah, sementara jalan-jalan menuju kampung gelap gulita. Terima kasih Bapak Rico Sia, sekarang kita pung jalan su terang,” ujar Jefry.(rls/son/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *