Rico Sia Desak Pemerintah Jamin Ketersediaan Listrik di Raja Ampat

Rico Sia Desak Pemerintah Jamin Ketersediaan Listrik di Raja Ampat

JAKARTA (Kastanews.com): Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Rico Sia, mendesak pemerintah melalui PLN untuk serius menjamin ketersediaan listrik di seluruh wilayah Papua. Termasuk ketersediaan listrik di Raja Ampat untuk menunjang sektor pariwisata dan UMKM.

“Raja Ampat dijuluki sebagai sepenggal surga di bumi, pulau indah di Tanah Papua. Di sana pariwisata menjadi andalan, namun disayangkan listrik tidak maksimal,” ujar Rico dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR dengan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Yudo Dwinanda Priadi, dan Dirut PLN Darmawan Prasojo di Jakarta, Rabu (15/11).

Rico menjelaskan, ketersediaan listrik sangat terbatas di Raja Ampat. Bahkan di beberapa distrik, listrik hanya tersedia dari pkl 18.00 hingga pkl 06.00. Hal itu dikeluhkan masyarakat karena menghambat aktivitas mereka.

“Semoga PLN bisa fokus untuk Indonesia terang di wilayah timur, khususnya di kawasan pariwisata Raja Ampat. Banyak keluhan dari masyarakat, hotel, home stay, produksi frozen food ikan, wisatawan dan sebagainya,” tandas Rico.

Legislator NasDem dari Dapil Papua Barat yang kembali akan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Dapil Papua Barat Daya itu menegaskan, ketersediaan listrik termasuk di siang hari sangat dibutuhkan untuk menunjang sektor pariwisata dan UMKM. Listrik dibutuhkan masyarakat, wisatawan lokal dan mancanegara.

“Jadi mohon dukungan pemerintah untuk memperhatikan betul terkait kebutuhan listrik di wilayah kepulauan. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan potensi pariwisata dan secara tidak langsung meningkatkan pendapatan asli daerah,” tukas Rico. (rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *