Proyek Tol Jogja-Bawen Bangkitkan Sektor Ekonomi Unggulan

Proyek Tol Jogja-Bawen Bangkitkan Sektor Ekonomi Unggulan

SLEMAN (Kastanews.com): Jalan tol Yogyakarta-Bawen Salatiga ditarget rampung konstruksi pada akhir tahun 2023 dan tersambung seluruhnya pada akhir tahun 2024. Peletakan batu pertama proyek ini dilakukan di dusun Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati, Kabupaten Sleman, DIY 30 Maret 2022 lalu.

Anggota DPR RI asal DI Yogyakarta, Subardi, optimis pembangunan ini akan mendongkrak perekonomian lokal. Menurutnya, kemudahan akses dan koneksitas antardaerah menjadi kunci pertumbuhan ekonomi.

“Kehadiran jalan tol Jogja-Bawen akan tingkatkan ekonomi lokal. Industri, bisnis, investasi, pariwisata, pendidikan dan jasa semua akan bangkit karena adanya kemudahan akses dan koneksitas. Kesenjangan antara Jogja, Magelang dan Salatiga akan berkurang. Itu yang kita harapkan,” kata Subardi dalam sosialisasi Peran BUMN Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, di Balai Kalurahan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY, Senin (5/12).

Secara khusus, Subardi mengapresiasi Waskita Karya sebagai bagian dari konsorsium proyek jalan tol sepanjang 75,82 km ini. Waskita tergabung bersama PT Jasamarga Persero Tbk. PT Adhi Karya Persero Tbk, PT PP Persero Tbk, PT Waskita Karya Persero Tbk dan PT Abipraya Persero.

Menurut Subardi, peran BUMN dalam pembangunan jalan tol turut membangun ekonomi negara hingga ke pelosok daerah. Ada pemerataan dan percepatan pembangunan, terutama sektor ekonomi unggulan di daerah tersebut.

“Saya mewakili masyarakat Jogja mengapresiasi kinerja baik Waskita Karya dan konsorsium BUMN. Kehadiran jalan tol akan memberikan multiplier effect bagi pelaku UMKM, terutama di Jogja karena UMKM di sini merupakan sektor unggulan,” terangnya.

Jalan Tol Yogyakarta – Bawen melintasi dua wilayah yaitu Provinsi Jawa Tengah sepangang 68,17 Km dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepanjang 7,65 Km. Kepada peserta sosialisasi, Subardi mengatakan BUMN akan menjanjikan peluang usaha bagi UMKM melalui fasilitas ruang usaha di berbagai tempat, termasuk rest area jalan tol.

“BUMN akan memfasilitas ruang usaha bagi UMKM di rest area. Ini promosi sekaligus manfaat nyata bagi masyarakat,” ungkapnya.(zar/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *