Proporsional Terbuka Beri Kesamarataan Peluang Caleg Dipilih Masyarakat

Proporsional Terbuka Beri Kesamarataan Peluang Caleg Dipilih Masyarakat

JAKARTA (Kastanews.com): Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Kresna Dewanata Phrosakh, menilai sistem proporsional terbuka punya banyak kelebihan dibanding sistem proporsional tertutup atau coblos partai. Sistem proporsional terbuka menjamin kesamarataan peluang calon anggota legislatif (caleg) dalam memperoleh kepercayaan masyarakat.

Selain itu, dalam sistem proporsional terbuka masyarakat dapat secara langsung menilai serta memilih caleg yang dicalonkan partai politik. Sistem itu sesuai dengan kehendak rakyat.

“Proporsional terbuka lebih banyak memberikan sisi positif dan kesamarataan peluang dalam memperoleh kepercayaan masyarakat dalam pemilu,” ujar Kresna dalam keterangannya, Selasa (20/6).

Kresna mengatakan, Partai NasDem sejak awal menghendaki sistem proporsional terbuka dalam pemilu. NasDem adalah partai terbuka yang memberikan kesempatan yang sama kepada putra putri terbaik bangsa.

Lebih lanjut legislator NasDem dari Dapil Jawa Timur V (Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu) itu mengatakan, pada Pemilu 2024 NasDem menargetkan mendapat suara melebihi perolehan 2019.

“Target memperoleh suara mayoritas masyarakat agar dapat memenangi kontestasi dan bisa menjadi jembatan dalam menyuarakan aspirasi masyarakat, khususnya di bidang legislasi, anggaran, maupun pengawasan,” tandasnya.

Anggota Komisi I DPR itu menambahkan, NasDem sudah menyiapkan kader-kader terbaik untuk Pemilu 2024. Selain itu, banyak caleg NasDem yang kini duduk di DPR RI mempunyai track record baik dalam bertugas.

“Tentu masyarakat akan terus memberikan kepercayaan kepada para caleg Partai NasDem agar bisa terus berbuat untuk kemaslahatan masyarakat,” pungkasnya. (dis/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *