Pemilih Pemula Kunci Suara Pilgub Jatim

Pemilih Pemula Kunci Suara Pilgub Jatim

 

SURABAYA, jeluka.id: Ada 14 juta pemilih pemula di Jawa Timur (Jatim) menjadi kunci kemenangan kandidat yang akan bersaing pada Pilgub Jatim 2018. Jumlah generasi milenial itu mencapai 14.506.800 atau 37,68 persen dari 38,85 juta total jumlah penduduk di Jatim. Mereka yang masuk kategori kelompok milenial atau generasi Y adalah orang yang lahir pada rentang waktu tahun 1981 hingga 1994.

“Kelompok milenial ini adalah kelompok pemilih rasional yang melek teknologi,” kata CEO iPOL Indonesia, Petrus Haryanto, saat merilis Kontestasi Pilgub Jatim 2018.

Petrus juga memaparkan, dengan jumlah sebanyak itu, generasi itu menjadi target kampanye kandidat dalam penyampaian pesan. Pemilih milenial ini memiliki karakteristik, yakni lebih percaya pada konten yang dipublish oleh tim sukes (timses).

“Juga bisa melalui relawan kandidat melalui media massa, meski tidak secara otomatis mempengaruhi keputusan memilih,” ujarnya.

Survei IPOL Indonesia ini dilakukan selama 3 bulan mulai 1 Agustus-31 Oktober 2017. iPOL melakukan simulasi 3 calon Gubernur Jatim yaitu Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, Khofifah Indar Parawansa dan La Nyalla Mattalitti.

“Hasilnya terdapat 29.806 postingan tentang Khofifah, disusul Gus Ipul sebanyak 16.151 dan La Nyalla 4.413. Terlepas itu postingan yang negatif maupun positif,” ujarnya.

Dari data tersebut, jumlah posting terbanyak yang membicarakan pilgub Jatim adalah warganet yang berumur 18-35 tahun. Sosok Gus Ipul dibicarakan sebanyak 51,3 persen, Khofifah 50,5 persen dan La Nyalla 55,9 persen. Juga terlepas dari pembicaran negative maupun positif.(jlk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *