Pelatihan Tanggap Bencana upaya Membangun Budaya Siaga  

Pelatihan Tanggap Bencana upaya Membangun Budaya Siaga  

JAKARTA (Kastanews.com)- Berbagai bencana alam yang terus terjadi di Tanah Air menjadi pengingat semua pihak agar lebih siap dalam penanganan tanggap bencana. Hal ini diperlukan sehingga bisa bergerak cepat dalam meminimalisir dampak serta korban jiwa akibat bencana.
Hal itu diungkap Wakil Ketua DPR RI, Rachmad Gobel saat bertemu Sekretaris Utama Basarnas Abdul Haris Achadi, dan Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksamana Pertama Ribut Eko Suyanto, pada Senin (12/12) di Jakarta.
Gobel akan melibatkan kader muda Partai NasDem pada upaya membantu pemerintah dalam penanganan bencana atau tanggap bencana.
“Saya akan siapkan kader-kader muda Partai NasDem untuk dilatih tanggap bencana serta membantu penanganan bantuan dari tim tanggap bencana, khusunya di Gorontalo,” ungkap Gobel.
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Namun di sisi lain disertai dengan potensi bencana yang mengikuti, Indonesia dapat dikatakan memiliki potensi bencana yang lengkap, mulai dari bencana alam seperti gempa bumi, longsor, banjir, hingga tsunami.
“Potensi bencana ini tentu saja perlu ditanggulangi dengan bijak secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh,” terang Gobel.
Program pelatihan dan pendidikan tanggap bencana sangat diperlukan sebagai upaya membangun budaya siaga dan aman di setiap daerah.
Pemerintah Indonesia telah menetapkan UU No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana yang menekankan bahwa penanggulangan bencana tidak hanya terpaku pada tahap darurat, tetapi juga mencakup tahap pra bencana dan pasca bencana.
UU tersebut secara jelas menyatakan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pendidikan, pelatihan dan keterampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. Baik dalam situasi tidak terjadi bencana, maupun situasi terdapat potensi bencana.(alfian/dis/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *