Osseda Luncurkan Gaenose Peringati Hari Pangan Dunia

Osseda Luncurkan Gaenose Peringati Hari Pangan Dunia

NIAS (Kastanews.com): Koperasi Konsumen Osseda Faolala Perempuan Nias (Koperasi Osseda) meluncurkan produk barunya, keripik pisang “Gaenose” di gedung serbaguna Hiliweto Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Rabu (25/10). Peluncuran Gaenose juga sekaligus dalam rangkan peringatan hari pangan dunia tahun ini.

Peluncuran ini turut dihadiri Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara, Bupati dan Wakil Bupati Nias, serta sejumlah pelaku UMKM di wilayah Kepulauan Nias. Peluncuruan keripik pisang “Gaenose” ini juga disertai seminar bertajuk “Peran Produk Pangan Lokal dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perempuan”.

Bupati Nias Yaatulo Gulo, dalam kesempatan tersebut menguraikan peran strategi serta kebijakan yang seharusnya dilakukan pemerintah dalam upaya ketahanan pangan dan kesejateraan masyarakat.

“Pemerintah sangat mengharapkan keterlibatan masyarakat dan pelaku UMKM untuk membantu pemeritah dalam upaya menjaga ketahanan pangan,” ungkap Yaatulo.

Ketua Dewan Pengurus Koperasi Osseda, Murniwati Waruwu kepada media menerangkan, peluncuran kerupuk pisang ini dilakukan untuk mengajak masyarakat, khususnya perempuan di wilayah Kepualuan Nias untuk bisa memanfaatkan sumber daya pangan lokal di sekitar sebagai penunjang peningkatan ekonomi rumah tangga.

“Kita mengajak seluruh perempuan atau ibu rumah tangga, tidak hanya di Kabupaten Nias ini tetapi di seluruh wilayah Kepulauan Nias untuk memanfaatkan sumber daya pangan lokal yang ada,” tutur Murni.

Murniwati juga berharap produk baru mereka keripik pisang “Gaenose” ini dapat menjadi role mode. Selain itu, Murni juga menjelaskan, masyarakat Nias selama ini memiliki berbagai kekhawatiran dan pertimbangan sehingga sebagian masih malas untuk bercocok tanam. Hal ini menurutnya terjadi karena harga hasil pertanian di Nias tidak sebanding dengan rasa capek dan lelah yang dikeluarkan. Namun, Murni menghimbau, kekhawatiran tersebut jangan berlarut, karena bisa diselesaikan dengan pengembangan kreatifitas dan inovasi pengelolaan sumber daya.

“Jangan malas bertani, ayo menanam dengan memanfaatkan lahan yang ada dan terus berinovasi, karena sesungguhnya sumberdaya pangan ini bisa diolah kembali menjadi produk yang lebih bernilai dan mudah untuk dipasarkan,” paparnya.

Sebelumnya, Koperasi Osseda ini telah menghadirkan produk unggulan lain yaitu Virgin Coconut Oil (VCO) atau Osse-Co yang terbuat dari bahan baku kelapa berkualitas. Hingga saat ini, VCO yang diproduksi Koperasi Osseda telah memberikan kontribusi penghasilan yang cukup besar bagi lembaga Koperasi Osseda. Selain itu, gerakan ekonomi ini juga membawa manfaat bagi masyarakat untuk tetap produktif dan mendorong ketersediaan pangan.(rls/yus/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *