NasDem Sumbar Diprediksi Kirim Tiga Wakilnya ke Senayan

NasDem Sumbar Diprediksi Kirim Tiga Wakilnya ke Senayan

PADANG (Kastanews.com): Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 akan menjadi catatan tersendiri bagi Partai NasDem Sumatra Barat. Setelah dua kali pileg sebelumnya, NasDem Sumbar hanya bisa mengirim satu wakilnya ke Senayan, kini Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) diprediksi raih tiga kursi DPR RI.

Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengeluarkan keputusan resminya, namun tanda-tanda NasDem Sumbar akan mengirimkan tiga wakil ke Senayan bisa terlihat dari data real count KPU.

Berdasarkan data real count KPU per Selasa (19/12) malam, NasDem di Dapil I Sumatra Barat data masuk 59,68 persen NasDem sukses meraih 19.03 persen suara dengan potensi raihan dua kursi DPR RI.

Caleg petahana Lisda Hendrajoni melenggang tak terbendung. Sementara kursi berikutnya dari NasDem diperebutkan antara Shadiq Pasadique, Fauzi Bahar, dan Irwan Afriadi.

Sementara itu di Dapil II Sumatra Barat dari data yang sudah masuk 55,95 persen NasDem berada pada posisi 5 dengan capaian 11.08 persen dengan satu kursi diprediksi sukses diraih NasDem oleh Bendahara DPW NasDem Sumbar, Cindy Monica Salsabila.

Ketua DPW NasDem Sumbar, Fadly Amran bersyukur atas hasil tersebut, menurut dia Pemilu 2024 menjadi momentum NasDem meraup suara maksimal di Sumbar.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur dan mengucap terimakasih kepada masyarakat Sumatra Barat yang telah memberikan suaranya kepada Partai NasDem dan pasangan Anies Muhaimin,” kata Fadly Amran, dalam keterangannya, Rabu (21/2).

Dia menambakan, raihan 3 kursi DPR RI tersebut merupakan ikhtiar bersama dari seluruh keluarga besar Partai NasDem. Pihaknya pun akan terus mengawal proses penghitungan hingga KPU mengeluarkan keputusan resmi hasil Pemilu 2024. Dia

“Hasil pemilu ini merupakan ikhtiar bersama pengurus Partai NasDem semua tingkatan, caleg dan kader di Sumatra Barat,” sebut dia.

Fadly tak menampik, raihan ini juga menjadi bagian dari efek ekor jas pencalonan Anies Baswedan sebagai Capres yang diusung pertama kali oleh NasDem dan mendapatkan antusias dan tempat di hati masyarakat Sumbar.

“Keputusan DPP NasDem mengusung Anies Baswedan menjadi Calon Presiden menjadi faktor penting atas capaian Partai NasDem Sumbar pada Pileg 2024 ini,” ungkap dia.

Sementara itu Pengamat Politik Universitas Andalas (Unand) Asrinaldi, mengatakan, NasDem dapat unggul di Sumbar karena menjadi partai pertama pengusung Anies Baswedan. Raihan itu juga kata dia menandakan pemilih Sumbar sangat dinamis dan tidak terpaku pada partai tertentu tetapi lebih melihat kepada figur yang diusung.

“Anies dianggap sebagai figur yang mewakili pikiran-pikiran orang Sumbar dalam politik. Sehingga parpol pengusung mendapat efek ekor jasnya,” demikian ujar Asrinaldi. (rls/wayram/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *