NasDem Kembangkan Ekosistem Pertanian Unggul di Provinsi Bali

NasDem Kembangkan Ekosistem Pertanian Unggul di Provinsi Bali

DENPASAR (Kastanews.com)- Partai NasDem melalui Akademi Bela Negara (ABN) dan Bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem serius membangun ekosistem pertanian di Pulau Dewata. Keseriusan itu tampak dalam acara peresmian kantor baru DPW NasDem Bali, Minggu (17/7).
Dalam acara tersebut delapan DPD NasDem Kabupaten/Kota se Provinsi Bali mendapat bantuan bibit kedelai unggul dan alat pertanian produksi dalam negeri. Sedangkan DPD NasDem Jembrana sudah menerima bibit kedelai dan alat pertanian lebih awal.
Hadir dalam penyerahkan bantuan tersebut diantaranya Gubernur ABN, IGK Manila, Ketua DPW NasDem Bali, Julie Sutrisno Laiskodat, Ketua Bidang Peternakan dan Kemandirian Desa DPP NasDem, Sulaeman L Hamzah dan Anggota Bidang Peternakan dan Kemandirian Desa DPP NasDem, Ayep Zaki.
“Acara di Bali luar biasa, sambutan di Bali luar biasa, suasananya juga luar biasa dan ini adalah awal yang baik untuk membangun ekosistem pertanian di Provinsi Bali melalui budidaya kedelai.  Nantinya juga ada jagung dan padi,” ungkap Ayep Zaki, Minggu (17/7).
Ayep yang mendampingi IGK Manila melakukan kunjungan kerja ke Bali selama empat hari itu menambahkan, masing-masing DPD NasDem se Provinsi Bali itu akan melakukan ujicoba penanaman kedelai seluas 5 ha di masing-masing kabupaten dan kota yang kemudian hasil panennya akan dibeli NasDem.
“Ini adalah satu komitmen NasDem untuk budidaya sektor pangan terutama padi, jagung, kedelai (Pajale). Khusus kedelai ini ada target tertentu karena kita akan ikut berkontribusi menuju swasembada kedelai,” kata Ayep.
Ayep berharap program ini mampu meningkatkan popularitas maupun elektabilitas NasDem yang secara nyata berbuat untuk kepentingan masyarakat dan para petani sesuai dengan gerakan perubahan restorasi Indonesia melalui peningkatan produktivitas hasil pertanian.
“Jadi yang kita bangun adalah kualitas budidaya dan produktivitas budidayanya. Apabila kualitas dan produktivitas ini meningkat maka saya kira pembeli bukan hanya domestik, tapi pembeli dari mancanegara akan tertarik dengan kualitas pangan yang kita kerjakan,” kata dia.
Ketua Dewan Pakar Partai NasDem Kabupaten Sukabumi itu punya cita-cita pada tahun 2028 mendatang NasDem bisa mencetak satu juta ha kebun kedelai bersama para petani. Sehingga pada akhirnya Indonesia menjadi lumbung pangan dunia, itu cita-cita yang terus dikumandangkannya.
“Indonesia maju sama dengan Indonesia lumbung pangan dunia. Apabila Indonesia menjadi lumbung pangan dunia sudah bisa dipastikan Indonesia negara maju,” kata dia.
Gubernur ABN NasDem, IGK Manila dalam kesempatan yang sama mengatakan, sangat berbahagia dapat menyaksikan langsung peresmian kantor DPW NasDem Bali yang sangat megah. Selain itu kebahagiaannya pun semakin lengkap dapat menyerahkan langsung bantuan bibit dan alat-alat pertanian untuk DPD-DPD NasDem se Bali.
“Jadi di Bali jumlahnya delapan kabupaten dan satu kota tapi satu kabupaten sudah dapat lebih dulu yakni DPD NasDem Jembrana,” kata dia.
Dalam acara yang dihadiri Ketua Umum NasDem, Surya Paloh serta sejumlah pengurus teras NasDem itu IGK Manila menyerahkan bibit kedelai label putih dan label ungu, kemudian cangkul dan skop sebagai bentuk kehadiran NasDem bersama petani dan mendukung pemerintah mewujudkan swasembada kedelai.(wayram/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *