Martin Apresiasi KAI Hadirkan Moda Transportasi Modern di Indonesia

Martin Apresiasi KAI Hadirkan Moda Transportasi Modern di Indonesia

JAKARTA (Kastanews.com): Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mengapresiasi KAI yang terus berkomitmen menghadirkan layanan moda transportasi modern di Indonesia, seperti Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dan  Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek.

KCJB yang mulai dibangun sejak tahun 2018 merupakan kereta api cepat pertama di Asia Tenggara. Hadirnya KCJB menjadi era baru transportasi massal modern yang cepat, andal, aman, dan nyaman untuk mobilisasi secara optimal serta meningkatkan konektivitas antarkota.

“Hadirnya KCJB dinilai menjadi era baru transportasi massal modern yang cepat, andal, aman, dan nyaman untuk mobilisasi secara optimal,” ungkap Martin.

Ketua DPP Partai NasDem ini juga mengatakan, hadirnya KCJB menjadi era baru transportasi massal modern yang cepat, andal, aman, dan nyaman untuk mobilisasi secara optimal serta meningkatkan konektivitas antarkota. Nantinya, dengan KCJB, waktu perjalanan dari pusat kota Jakarta ke pusat kota Bandung hanya sekitar 1 jam saja.

“Kita semua berharap KCJB diharapkan mampu memicu pembangunan kawasan dan sentra ekonomi baru,” kata Martin dalam keterangannya, Rabu, 21 Desember 2022.

Martin berharap, keberhasilan KCJB mewujudkan mimpi Indonesia memiliki kereta api cepat niscaya membuka wawasan dan menjadi inspirasi bagi generasi muda kita untuk mendorong dunia pendidikan dan industri transportasi massal mendalami dan menguasai teknologi kereta api cepat.

“Tentu saja itu diharapkan dapat berkontribusi pada upaya untuk membangun masa depan infrastruktur modern tanah air,” katanya.

Selain itu, KCJB juga diharapkan akan turut berkontribusi dalam meningkatkan daya saing nasional dengan menciptakan konektivitas unggulan antar kota yang dipadukan dengan pengembangan transportasi terintegrasi yang berkelanjutan.

KAI saat ini merupakan pemimpin konsorsium BUMN Indonesia: PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dalam proyek KCJB. Proyek ini dikerjakan oleh tujuh perusahaan terkemuka dari Indonesia dan Tiongkok yang telah berpengalaman mengerjakan proyek infrastruktur global dan tergabung dalam High Speed Railway Contractor Consortium atau HSRCC.

Sedangkan untuk LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi pada Juli tahun 2023 mendatang untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Saat ini, KAI bersama para pihak terkait tengah mempersiapkan segala sesuatu untuk pengoperasian LRT tersebut. Sedangkan untuk KCJB, saat ini progres konstruksi pembangunannya mencapai 91,7% dan ditargetkan masuk fase operasional pada Juni 2023. (rls/gus/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *