Lukas Enembe Ditegaskan Siap Jalani Proses Hukum

Lukas Enembe Ditegaskan Siap Jalani Proses Hukum

JAKARTA (Kastanews.com) – Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan bahwa Gubernur Papua Lukas Enembe siap menjalani proses hukum. Hal itu disampaikan Lukas ketika bertemu Taufan di Rumah Dinas Gubernur Papua.

Taufan mengatakan datang ke Papua memang untuk bertemu Lukas, sekaligus melaksanakan progam dialog damai yang dipelopori Komnas HAM. “Dia katakan dia siap mengikuti proses hukum, menghormati proses hokum. Dia bilang semalam, ‘Saya akan patuhi proses hukum, tapi tolong pertimbangkan hak kesehatan saya’,” ujar Taufan kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Menurut Taufan, saat bertemu dia memang melihat kondisi Lukas Enembe sedang tidak sehat.

“Kondisinya kelihatan tidak sedang sehat. Saya berkali-kali bertemu dengan beliau ini, dulu ada koordinasi biasa. Saya bertemu beliau berkali-kali di Papua, Jakarta. Memang kalau dibandingkan pertemuan kemarin itu dalam kondisi kurang sehat. Tapi yang tahu persisnya kan dokter,” ujar Taufan.

Dalam pertemuan tersebut, Taufan sempat menyaksikan Lukas Enembe menelepon Direktur Penyidik KPK Kombes Asep Guntur untuk menjelaskan kondisi kesehatannya.

“Ngomong sama saya juga, saya katakan, kami sangat menghormati semua langkah KPK ya, kami ke sini hanya melihat kondisi kesehatan atas permintaan banyak pihak. Sudah, selesai, dari situ saya keluar meninggalkan rumah itu,” ucapnya.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *