Lisda Hendrajoni Salurkan Beasiswa PIP ke 30 Ribu Siswa di Pesisir Selatan

Lisda Hendrajoni Salurkan Beasiswa PIP ke 30 Ribu Siswa di Pesisir Selatan

PAINAN (Kastanews.com):  Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai NasDem, Lisda Hendrajoni menyalurkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Beasiswa PIP adalah bantuan berupa uang tunai, yang diberikan langsung oleh pemerintah kepada semua peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu, dan mengalami kesulitan untuk membayar biaya pendidikan.

Dalam keterangannya Lisda mengatakan, untuk tahap pertama sebanyak 8.700-an siswa sudah menerima beasiswa PIP dari jalur aspirasinya di Komisi X DPR RI. Sedangkan untuk tahap kedua ini, ia akan menyalurkan bantuan PIP sebanyak 30 ribu untuk masyarakat Pesisir Selatan, Sumatra Barat.

“Tahap kedua ini sudah ada sebanyak 18 ribuan data yang diterima dan sedang diproses,” kata Lisda di Painan, Pesisir Selatan, Minggu (8/10).

Lisda mengatakan, pemberian beasiswa tersebut merupakan bukti dan baktinya sebagai anggota DPR dalam mendukung dan memajukan dunia pendidikan di Provinsi Sumbar, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Ini merupakan salah satu bentuk bukti dan bakti dalam menyalurkan aspirasi kepada masyarakat untuk memajukan dunia pendidikan di Sumatera Barat,” ujarnya.

Legislator NasDem dari Dapil Sumatra Barat I (Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, Sijunjung, Tanah Datar, Kepulauan Mentawai, Dharmasraya, Solok Selatan, Kota Padang, Kota Solok, Kota Sawahlunto, dan Kota Padangpanjang) itu juga menjelaskan, PIP merupakan program pemerintah yang disalurkan melalui dua jalur yaitu dari dinas terkait dan jalur aspirasi di Komisi X DPR.

“Saya sekarang sudah di Komisi X DPR dan alhamdulillah mendapatkan kuota sebanyak 48 ribu. Dari kuota 48 ribu tersebut, 30 ribu untuk siswa di Kabupaten Pesisir Selatan. Saat ini data yang sudah diproses sekitar 18 ribuan. Semoga bisa diupayakan untuk membantu anak-anak yang lain,” katanya.

Lisda berharap dengan adanya program PIP itu bisa memacu prestasi para siswa di sekolah dan juga mengurangi beban orang tua siswa.

“Apalagi sekarang banyak kebutuhan dari siswa. Mudah-mudahan beasiswa PIP tersebut dapat membantu meringankan,” tutup Lisda.(Bee/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *