Indonesia Jadi Presidensi KTT G20 2022

Indonesia Jadi Presidensi KTT G20 2022

Kastanews.id, Jakarta (17/9) : Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia, pada akhir Oktober 2021. Hal tersebut disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual persiapan menuju Presidensi G20 2022.

“Bapak presiden Joko Widodo akan menghadiri penutupan KTT G20 di Roma pada tanggal 30-31 Oktober mendatang,” kata Airlangga

Lebih lanjut, Airlangga menjelaskan disana Presiden Jokowi akan secara resmi menerima penyerahan tongkat estafet presidensi G20 Dewan Pembangunan Industri UNIDO-PBB.

“Dan di sana Bapak Presiden akan menerima secara resmi penyerahan tongkat estafet presidensi G20 dari Perdana Menteri Italia kepada Presiden Republik Indonesia,” ucapnya.

Airlangga juga menjelaskan nantinya presidensi Indonesia akan mulai berlaku sejak 1 Desember 2021 hingga November 2022. Menurutnya, ini adalah kali pertama bagi Indonesia menjadi presidensi G20.

Selanjutnya, setelah serah terima tongkat estafet, Indonesia bakal menggelar ratusan acara selama setahun setahun penuh, dari 1 Desember 2021 sampai 30 November 2022.

Menko Perekonomian ini mengatakan, akan terlaksana 150 pertemuan dengan beberapa side event. Mulai dari working group tingkat sherpa, deputi, hingga KTT yang bakal dihadiri seluruh kepala negara dan pemerintahan.

Untuk diketahui, G20 adalah kelompok 20 negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Selain Indonesia, di dalamnya ada Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Kanada, Perancis, Jerman, Rusia, Cina, Australia, Meksiko, Turki, Afrika Selatan, Arab Saudi, India, Korea Selatan, Argentina, Brasil, dan terakhir perwakilan Uni Eropa. (Yudistira)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.