Bang Tyo Tegaskan Modernisasi Koperasi Harus Digalakkan

Bang Tyo Tegaskan Modernisasi Koperasi Harus Digalakkan

PANGKALPINANG (Kastanews.com): Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Zuristyo Firmadata, terus mendorong geliat ekonomi masyarakat Bangka Belitung melalui pengembangan koperasi dan UMKM. Kesadaran masyarakat terkait pentingnya koperasi dan UMKM perlu dibangkitkan.

Berbagai usaha terus dilakukan untuk mendorong kemajuan dua sektor tersebut. Kali ini Zuristyo bersama Kementerian Koperasi dan UKM menggelar sosialisasi bertajuk Akses Permodalan Bagi Koperasi. Sosialisasi ptersebut diselenggarakan di Pangkalpinang, Rabu (2/8).

“Sistem perekonomian di Indonesia tidak lepas dari peran koperasi yang juga sebagai landasan perekonomian rakyat,” ujar Zuristyo.

Bang Tyo sapaan akrab Zuristyo mengatakan, pada hakikatnya koperasi dibentuk dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Maka, koperasi tidak boleh keluar dari tujuan yakni menyejahterakan anggota.

Menurut data Dinas Koperasi dan UKM Kepulauan Bangka Belitung, terdapat 735 koperasi aktif di babel. Potensi koperasi ini, lanjut Bang Tyo, harus dimaksimalkan untuk kesejahteraan rakyat.

“Koperasi harus terus beradaptasi dengan perkembangan. Modernisasi koperasi harus digalakkan,” tandasnya.

Bang Tyo menegaskan, beberapa hal yang perlu diperbaiki dari koperasi terkait manajemen kelembagaan, kapasitas SDM, dan penggunaan teknologi.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi adalah melalui modernisasi koperasi.” pungkasnya.(Umam/rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *