Bang Tyo Inisiasi Forum Sosialisasi Kemudahan Berusaha

Bang Tyo Inisiasi Forum Sosialisasi Kemudahan Berusaha

TOBOALI (6 Maret): Sektor perdagangan sangat penting dalam upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pemerataan. Sektor perdagangan juga mampu memberikan sumbangan yang berarti dalam menciptakan lapangan usaha, perluasan kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan.
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Zuristyo Firmadata mengemukakan itu saat memberikan sambutan pada acara Forum Sosialisasi Kemudahan Berusaha di Gedung Muhammadiyah, Toboali, Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, Senin (6/3).

Acara yang diinisiasi Zuristyo itu merupakan kerja samanya dengan Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan yang merupakan mitra kerja Komisi VI DPR RI.

Legislator NasDem dari Dapil Bangka Belitung (Babel) itu mengatakan, ada empat variabel yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan kondisi neraca perdagangan bangsa Indonesia.

“Empat variabel itu adalah sektor konsumsi, belanja pemerintah, investasi dan ekspor impor. Alhamdulillah melihat tren perdagangan kita saat ini, neraca perdagangan dari Januari hingga Desember 2022, menurut data BPS (Badan Pusat Statistik), tercatat surplus, mencapai US$3,89 miliar,” ungkap Bang Tyo, sapaan akrab Zuristyo Firmadata.

Zuristyo menambahkan, kinerja positif tersebut melanjutkan surplus neraca perdagangan Indonesia sejak Mei 2020.

Ketua DPW Partai NasDem Babel itu juga mengatakan, pemerintah hari ini terus berusaha untuk lebih meningkatkan lagi nilai investasi dengan tujuan kemudahan berusaha.

“Bukan hanya itu. Pemerintah terus meningkatkan nilai investasi dengan tujuan kemudahan berusaha. Karena investasi berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional,” tambah Zuristyo.

Dikatakan, investasi memiliki barang modal nonkonsumtif untuk produksi yang memacu produktivitas barang dan jasa. Formulasi kebijakan ekonomi yang proinvestasi sangat diperlukan agar pertumbukan ekonomi terus membaik sehingga peningkatan investasi dapat menjamin kelanjutan pembangunan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan pembangunan ekonomi yang inklusif.

Dengan adanya sosialisasi itu, anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai NasDem tersebut berharap seluruh peserta bisa mendapatkan manfaatnya dan memicu para pengusaha agar tetap semangat menjadi pebisnis.

“Saya atas nama pribadi dan selaku anggota DPR RI Komisi VI menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja samanya dalam sosialisasi kali ini. Agar kiranya dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi kita semua,” pungkas Bang Tyo.(Andi/Umam/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *