Aksi Gelar Donor Darah ASJB

Aksi Gelar Donor Darah ASJB

JAKARTA, 20 Juni 2021: Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Dunia (World Blood Donor Day) yang jatuh pada 14 Juni lalu, Alumni SMA Jakarta Bersatu (ASJB) bekerjasama dengan National Olympic Committee of Indonesia (NOC Indonesia) atau Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Palang Merah DKI Jakarta, menggelar kegiatan donor darah pada Sabtu, 19 Juni 2021 di Kantor NOC Indonesia, Jalan Jenderal Sudirman, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kegiatan ini diinisiasi NOC Executive Commitee, Rafik Hakim, dan didukung oleh Sekjen ASJB, Dede Radinal.

Untuk pelaksanaan kegiatan donor darah sendiri merupakan agenda rutin ASJB yang diselenggarakan tiap bulan oleh Korwil ASJB bersama Unit Donor Darah (UDD) PMI setempat dengan penyelenggaraannya bergiliran. Dalam satu tahun, setidaknya ada sembilan kegiatan donor darah yang diadakan ASJB.

“Kegiatan donor darah ini sangat penting di situasi sekarang karena PMI butuh banyak stok darah,” ungkap Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia, Ferry J. Kono, Sabtu, 19 Juni 2021.

Sesuai dengan tema Hari Donor Darah Dunia 2021 “Give The Blood and Keep The World Beating” sudah saatnya mengampanyekan kepada generasi muda untuk mulai menciptakan kesadaran betapa pentingnya menjadi pendonor.

“Dengan menjadi pendonor, itu artinya ikut menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kesehatan orang lain, khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini,” jelas Dede Radinal.

Dede juga menambahkan, selama ini ASJB secara rutin menggelar kegiatan donor darah dan mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat.

“Namun kali ini, kami harus membatasi karena situasi pandemi dan melakukan kegiatan inipun dengan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tambah Dede.

PMI DKI Jakarta menyambut baik inisiatif dari ASJB dan NOC Indonesia karena sangat membantu PMI untuk menambah stok darah yang mulai menipis di Jakarta.

“PMI DKI Jakarta berterima kasih kepada ASJB dan NOC Indonesia. Ketersediaan stok darah di Jakarta saat ini cukup mengkhawatirkan sehingga kegiatan ini sangat membantu pemenuhan target 22.621 kantong darah dalam bulan ini. Kami mendorong komunitas lain agar bisa melakukan kegiatan donor darah juga,” ujar Bayu Herdayana Suryadiredja, perwakilan PMI DKI Jakarta.

Selaku Bendahara Umum ASJB, Trisni Puspitaningtyas mengungkapkan dukungan penuh ASJB pada kegiatan donor darah kali ini.

“Makanya untuk donor darah kali ini kami mengerahkan sampai 200 anggota ASJB untuk mendonorkan darahnya,” ujar Trisni.

Bukan hanya anggota ASJB, perwakilan dari anggota NOC Indonesia juga berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Protokol kesehatan yang ketat dijalankan dengan mewajibkan seluruh peserta melakukan tes swab antigen. Setelah itu, calon pendonor diperiksa kesehatannya dan jika memenuhi syarat baru boleh melakukan donor darah.(RO/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *