Suharso Pastikan Rencana Kenaikan Gaji PNS Tahun Depan

Suharso Pastikan Rencana Kenaikan Gaji PNS Tahun Depan

JAKARTA (Kastanews.com)– Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memastikan rencana kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun depan sudah masuk pagu indikatif Tahun Anggaran (TA) 2025. Dengan begitu, kepastian kenaikan upah ini tinggal menunggu pengumuman resmi yang akan disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Suharso menyebut, kenaikan gaji PNS tahun 2025 terutama akan dialokasikan untuk para pegawai fungsional. Dia mencontohkan PNS yang bekerja di sektor jasa kesehatan akan menerima kenaikan gaji tahun depan.

“Ada kenaikan (gaji PNS), sedang dihitung, slotnya ada, yang pertama pekerja fungsional penting, misal di bidang kesehatan, itu yang kita dorong,” ucap Suharso saat ditemui di Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Dia menjelaskan, salah satu alasan kenaikan gaji PNS untuk melakukan penyesuaian terhadap inflasi nasional dan menjaga daya beli. Sehingga, pertimbangan kenaikan gaji PNS akan melihat terlebih dahulu PNS mana saja yang sudah lama tidak belum melakukan penyesuaian gaji.

“Memang ada hal yang harus disesuaikan, misal sudah berapa lama mereka belum dilakukan penyesuaian, kan ada inflasi dan lainnya,” katanya.

Meski demikian, Suharso berharap kenaikan gaji PNS tahun 2025 akan segera diumumkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada pidato kenegaraan di hadapan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada 16 Agustus 2024 mendatang. “Sudah ada di pagu indikatif, mudah-mudahan bisa diumumkan presiden 16 Agustus,” tuturnya.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *