Sudaryono Buka Target Prabowo di Kementan

Sudaryono Buka Target Prabowo di Kementan

JAKARTA (Kastanews.com)- Presiden terpilih Prabowo Subianto punya rencana menjadikan Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai panglima pangan. Hal ini diungkapkan Sudaryono di hari pertama kerjanya sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Jumat (19/7/2024).

Dia memahami target swasembada pangan RI yang sudah dicanangkan Prabowo-Gibran. Bahkan, pada periode pemerintahan baru Kementan harus bersih dan tidak dimanfaatkan oknum tertentu. Sudaryono menyebut, bakal melakukan konsolidasi dan mengkomunikasikan banyak hal agar ambisi Prabowo menjadikan Kementan sebagai panglima pangan bisa tercapai.

“Bagaimana sektor pertanian ini, Kementerian Pertanian ini sebagai panglima pangan, panglima pangan itu artinya panglima penyediaan pangan dan bagaimana kesejahteraan petani jika ikut menjadi bagian yang tidak terpisahkan di situ,” ungkap Sudaryono saat ditemui di gedung Kementan, Jumat (19/7/2024).

Dia optimistis bisa ambil peran di Kementerian Pertanian untuk menjalankan program yang sudah dicanangkan sebelumnya. Menurutnya, Kementan punya tugas dan pengaruh besar bagi sektor pertanian di Tanah Air.

Terutama, memastikan komoditas pangan bagi rakyat bisa terpenuhi saat ini dan tahun-tahun mendatang. Seperti ketersediaan beras, sayur, dan produk pangan lainnya. “Jadi harapannya gak ada yang lain selain memang kedaulatan pangan kita mandiri di bidang pangan, cukup beras, cukup protein, cukup sayur, dan seterusnya,” jelas dia.

Sudaryono yakin, Indonesia bisa mencapai swasembada pangan pada tahun-tahun mendatang. Sekalipun pemerintah masih tertatih-tatih mewujudkan target tersebut.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *