Sri Wahyuni Tegaskan Pemerintahan Harus Dijalankan Sesuai Konstitusi

Sri Wahyuni Tegaskan Pemerintahan Harus Dijalankan Sesuai Konstitusi

PACITAN (Kastanews.com):  Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Sri Wahyuni, mengajak masyarakat untuk menjaga dan memperkuat pemahaman terkait demokrasi Pancasila.

“Demokrasi Pancasila secara umum adalah sebuah paham demokrasi yang dilandasi oleh prinsip-prinsip yang terdapat dalam Pancasila,” ujar Sri Wahyuni dalam sosialisasi ‘Sistem Demokrasi Pancasila’, di Pacitan, Jawa Timur, Jumat (13/10).

Anggota Komisi V DPR RI itu menjelaskan, demokrasi merupakan sistem bernegara yang telah disepakati bangsa Indonesia. Demokrasi yang dijalankan di Tanah Air harus sejalan dengan falsafah Indonesia, yakni Pancasila.

“Ciri-ciri demokrasi Pancasila adalah kedaulatan berada di tangan rakyat. Pemerintahan harus dijalankan sesuai dengan konstitusi. Adanya pesta demokrasi, pemilu yang jujur, adil, dan bebas,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Sri Wahyuni, demokrasi Pancasila menghendaki setiap pengambilan keputusan menggunakan musyawarah, menghargai dan menjunjung tinggi HAM, mendahulukan kepentingan rakyat, serta tidak menggunakan sistem partai tunggal.

“Sistem demokrasi Pancasila harus kita jaga dan pertahankan sebagai bentuk ihktiar dalam membangun bangsa dan negara. Sebentar lagi pemilu, mari kita jaga kearifan lokal dan jangan terpancing isu-isu dan berita hoaks,” tukas legislator dari dapil Jawa Timur VII (Ponorogo, Magetan, Pacitan, Trenggalek, dan Ngawi) itu. (dis/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *