Sinema Silaturahmi Memulai Perjalanan Menuju Acara Puncak FFPJ XV – 2024

Sinema Silaturahmi Memulai Perjalanan Menuju Acara Puncak FFPJ XV – 2024

YOGYAKARTA (Kastanews.com): Program Sinema Silaturahmi atau Pemutaran Film Keliling kembali memulai perjalanannya menuju acara puncak Festival Film Pelajar Jogja (FFPJ) XV 2024. Kegiatan yang dilakukan adalah pemutaran film pendek terpilih dan sarasehan atau ngobrol santai di beberapa sekolah Yogyakarta, Sleman, Gunungkidul, Bantul dan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sinema Silaturahmi dimulai Senin, 9 September dan berakhir Sabtu, 28 September 2024.

“Melalui Sinema Silaturahmi ini, diharapkan FFPJ terus tersambung dengan teman-teman pelajar yang menyukai seni film. Mungkin juga ada yang belum suka di awalnya, namun melalui program ini diharapkan terpantik untuk mengetahui lebih lanjut,” kata Direktur Eksekutif FFPJ XV 2024, Rahmi dalam keterangannya, Jumat (6/9).

Sinema Silaturahmi yang pertama akan diselenggarakan di SMKN 7 Yogyakarta. Kemudian berlanjut ke SMAN 2 Wonosari Gunungkidul, SMAN 1 Jetis Bantul, SMK Diponegoro Depok Sleman, SMA Bumi Cendekia Sleman, MA Al Ichsan Nanggulan Kulon Progo, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan SMA Praxis Sleman. Kegiatan di setiap sekolah akan diikuti oleh pelajar-siswa dengan jumlah sekitar 50 orang yang didampingi oleh Guru.

Karya-karya yang akan diputar dan diskusikan adalah film pendek pelajar nomine FFPJ XV 2024. Tidak semua nomine akan diputar karena keterbatasan waktu. Tim panitia memilih beberapa film pendek di tiap sekolah dan sampai dengan berakhirnya kegiatan seluruh karya dapat diapresiasi bersama-sama. Seluruh karya yang akan diputar memiliki kedekatan dengan tema “Tepa Salira”.

Sinema Silaturami merupakan awal dari rangkaian kegiatan yang disiapkan panitia FFPJ XV 2024. Program lainnya yang dalam proses persiapan dan pematangan adalah Apresiasi Seni, Kelas Ahli, Workshop, Bedah Karya, Temu Komunitas dan Penganugerahan Karya Terbaik (lanjutan program Kompetisi Nasional). Pelaksanaan seluruh program didukung dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Tahun ini FFPJ didukung kembali oleh Dinas Kebudayaan DIY, Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta, UNU Yogyakarta, Pokdarwis Sri Keminut Imogiri dan lainnya. Selain itu juga para volunteer yang bekerja semaksimal mungkin agar festival terlaksana dengan baik,” kata Rahmi.

Sinema Silaturahmi diharapkan menjadi ajang pemanasan sebelum pelaksanaan acara puncak FFPJ XV yang akan diselenggarakan 4-6 Oktober di Desa Wisata Sri Keminut, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.(RO/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *