Pasar Otomotif Diharap Kembali Gairah Setelah Turunan Besar di Awal Tahun

Pasar Otomotif Diharap Kembali Gairah Setelah Turunan Besar di Awal Tahun

JAKARTA (Kastanews.com)– Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, di ICE BSD City, Tangerang, pada 18-28 Juli, diharapkan membangkitkan gairan pasar otomotif nasional. Sebab, dalam semester pertama tahun ini atau enam bulan awal, terjadi penurunan penjualan mobil yang cukup signifikan.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap GIIAS 2024 dapat meningkatkan penjualan mobil. Terlebih banyak brand baru yang melantai di pada ajang otomotif tahunan tersebut.

Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan saat ini setiap produsen juga mulai mengeluarkan model yang sesuai dengan keinginan konsumen Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membut pasar kembali bergairah setelah alami penurunan besar di awal tahun ini.

“Pameran itu hanyalah satu sisi, karena intinya bukan pada pameran tapi industrinya itu sendiri. Pameran memang syarat dengan teknologi, tapi juga fashion. Jadi kalau tidak mengikuti, mobil tidak akan laku,” kata Kukuh dalam acara diskusi ICMS di GIIAS 2024, ICE BSD, Rabu (24/7/2024).

Sebagai informasi, GIIAS 2024 diramaikan 55 merek kendaraan bermotor. Adapun merek-merek mobil yang ikut pameran ini meliputi Audi, Baic, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, dan Wuling.

Selain itu, ada merek-merek kendaraan komersial yang turut hadir yakni DFSK, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, serta UD Trucks. Sedangkan dari merek kendaraan roda dua yang bakal hadir adalah Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Gelis, Harley-Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Motoguzzi, Pacific, dan Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Volta, termasuk ZPT.

“Saya ingin dengan adanya GIIAS 2024 dapat menambah animo masyarakat untuk datang melihat. Tujuan utama agar menstimulus mereka buat membeli kendaraan,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo kepada wartawan disela-sla pameran.

GIIAS 2024 juga diharapkan bakal menyamai pencapaian penjualan pada pameran tahun lalu. Tetapi, ia berharap dengan hadirnya sejumlah merek baru dan model-model terkini yang ditawarkan mampu mencatatkan hasil yang lebih baik.

“Tahun lalu dalam 11 hari terjual kira-kira 27 ribu mobil. Mudah-mudahan GIIAS 2024 bisa lebih baik atau paling tidak sama,” ucap Nangoi.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan wholesales atau dari pabrik ke diler sepanjang semester satu berhenti di 408.012 unit. Jumlah tersebut terkoreksi 19,5 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu, yang menyentuh angka 506.427 unit.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *