Muhadjir Gantikan Mensos Risma yang Ikuti Pilkada Jatim

Muhadjir Gantikan Mensos Risma yang Ikuti Pilkada Jatim

JAKARTA (Kastanews.com)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Sosial. Penunjukan Muhadjir tersebut seusai Tri Rismaharini (Risma) secara resmi mengundurkan diri.

“Pada hari ini, tanggal 6 September 2024, telah diterbitkan Keppres No. 100/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dengan hormat, Ibu Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat (6/9/2024).

Ari menjelaskan bahwa Keppres tesebut merupakan tindak lanjut dari permohonan pengunduran Tri Rismaharini sebagai Mensos yang telah disetujui oleh Presiden Jokowi. Ari juga mengungkapkan bahwa permohonan pengunduran diri Risma terkait pencalonan dan pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur.

“Presiden juga menunjuk Bapak Muhajir Effendy, Menko PMK, sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang dan Tanggungjawab Mensos sampai diangkatnya Mensos definitif,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Tri Rismaharini telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Sosial. “Sudah, sudah mengajukan pengunduran diri,” kata Jokowi usai kunjungi Pasar Soponyono, Surabaya, Jumat (6/9/2024).

Jokowi juga mengaku sudah menandatangani surat pengunduran diri Risma tersebut. “Dan sudah saya tandatangani pengunduran dirinya,” kata Jokowi.

Perlu diketahui, Risma yang menjadi Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jawa Timur menyatakan bakal mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Mensos.

“Mundur. Besok saya akan, Insyaallah, kalau bisa, minta waktu Pak Presiden untuk mengundurkan diri,” kata Risma seusai ziarah ke Makam Sunan Bungkul di Taman Bungkul Surabaya, Kamis (29/8/2024).(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *