Kedatangan Paus Fransiskus Dinilai Jadi Kehormatan bagi Indonesia

Kedatangan Paus Fransiskus Dinilai Jadi Kehormatan bagi Indonesia

Jakarta (Kastanews.com)- Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla atau JK mengimbau masyarakat Indonesia untuk menerima kedatangan Paus Fransiskus di Tanah Air dengan baik. Menurut JK, kedatangan Paus Fransiskus merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia.

“Tentu kedatangan Paus Fransiskus itu suatu kehormatan kita semua untuk menerima dengan baik,” kata JK kepada wartawan seusai menjadi narasumber acara Seminar Internasioanl Prinsip dan Karakter Bugis-Makassar “4 ETHOS 4 JUSUF” di Ballroom Hotel Unhas Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (2/9/2024).

JK menambahkan, meski jumlah penganut Katolik tidak terlalu besar jumlahnya di Indonesia, tetapi tidak menjadi alasan bagi Indonesia untuk tidak menghormati Paus Fransiskus. “Indonesia sebagai negara meskipun penduduk Katolik tidak terlalu besar tapi harus tetap toleran menyambut kedatangannya, siapa pun dia,” tegas JK yang juga dikenal sebagai juru runding perdamaian Poso, Ambon, dan Aceh tersebut.

JK juga menilai kedatangan Paus akan berdampak positif terhadap bangsa Indonesia. Sebab, akan lebih mempererat hubungan antaragama dan perdamaian. “Paus itu selalu mendorong perdamaian,” tegas JK.

Paus Fransiskus akan mengadakan perjalanan apostolik ke Indonesia tanggal 3 hingga 6 September 2024. Paus Fransiskus diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa, 3 September 2024 pukul 11.30 WIB. Kemudian Rabu, 4 September 2024, Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB.

Pada hari yang sama, Paus Fransiskus juga diagendakan bertemu dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara. Menjelang siang hari sekitar pukul 11.30 WIB, Paus melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Kemudian, pukul 16.30 WIB, Paus dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta. Pada sore hari pukul 17.35 WIB, Paus Fransiskus akan berjumpa dengan kaum muda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda Senayan.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *