Insentif Dikucurkan demi Tumbuhkan Industri Otomotif dalam Negeri

Insentif Dikucurkan demi Tumbuhkan Industri Otomotif dalam Negeri

Jakarta (Kastanews.com)- Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah akan memberikan insentif dalam rangka menumbuhkan industri otomotif di dalam negeri. “Pemerintah terus melakukan penguatan regulasi dan pemberian insentif demi menumbuhkan industri otomotif dalam negeri,” kata Wapres saat membuka Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (18/7/2024).

Apalagi, Wapres mengungkapkan jika industri alat angkutan telah memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional dengan tingkat pertumbuhan mencapai lebih dari 7% dan kinerja ekspor tumbuh hampir 6% di tahun 2023. “Hal ini tentunya menjadi potensi yang harus dimanfaatkan untuk memacu Indonesia masuk ke jajaran sepuluh besar produsen kendaraan bermotor di dunia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wapres mengatakan pemerintah terus berkomitmen untuk mewujudkan industri otomotif nasional yang mandiri, tangguh, dan berkelanjutan. Selain itu, Wapres mengatakan bahwa Indonesia juga telah memantapkan diri menjadi ekspor hub atau pusat produksi untuk ekspor mobil kendaraan bermotor baik kendaraan berbahan bakar minyak maupun kendaraan listrik pada tahun 2030.

Tak hanya itu, Wapres memastikan pemerintah akan mengakselerasi pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik melalui pembangunan manufaktur baterai bagi kendaraan listrik.

“Untuk itu, kapasitas industri otomotif nasional perlu terus ditingkatkan, sehingga tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan domestik, tetapi juga kebutuhan pasar global,” kata Wapres. “Saya meyakini industri otomotif nasional dapat mengambil peran besar dalam mendukung upaya ini, mengingat potensi besar yang kita miliki,” pungkasnya.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *