Gus Amri Ingatkan Semangat Proporsional Terbuka Butuh Partisipasi Aktif Masyarakat

Gus Amri Ingatkan Semangat Proporsional Terbuka Butuh Partisipasi Aktif Masyarakat

SURABAYA (Kastanews.com): Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Mohammad Haerul Amri, mengatakan sistem pemilu proporsional terbuka membutuhkan partisipasi aktif masyarakat. Sistem itu juga punya tantangan besar yaitu pragmatisme politik.

“Semangat proposional terbuka ini bagaimana adanya partisipasi aktif dari semua kalangan untuk turut menyukseskan pemilu, termasuk dari kalangan aktivis,” kata Gus Amri, dalam diskusi yang digelar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur, di Surabaya, Jatim, Selasa (19/9).

Gus Amri menyebut salah satu yang menjadi tantangan dalam sistem proporsional terbuka adalah pragmatisme politik.

“Ini yang menjadi tantangan bagi kita sebagai aktivis. Pragmatisme politik telah melahirkan pragmatisme masyarakat dalam pemilu. Dan kita tidak bisa menyalahkan masyarakat juga dalam hal ini,” tandas anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem itu.

Legislator NasDem dari Dapil Jawa Timur II (Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Pasuruan) itu mengajak PMII untuk tetap menjaga independensi organisasi menghadapi Pemilu 2024.

“Harus menjaga betul independensi PMII. Sangat disayangkan sekali kalau PMII ikut cawe-cawe urusan politik,” pungkas Gus Amri.(rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *