BYD M6 Bisa Penuhi Listrik Peralatan Rumah Tangga Selama Lima Hari

BYD M6 Bisa Penuhi Listrik Peralatan Rumah Tangga Selama Lima Hari

JAKARTA (Kastanews.com)- Mobil listrik anyar BYD M6 ternyata punya fitur mumpuni yang mampu memenuhi kebutuhan listrik harian untuk peralatan rumah tangga selama 5 hari. Hal itu terwujud berkat kapasitas baterai yang besar serta fitur Vehicle to Load (Vtol) yang canggih.

Cara kerja Vtol kendaraan listrik MPV pertama di Indonesia itu juga sangat mudah. Tinggal colokkan adaptor VtoL ke port charging yang ada di sisi kanan mobil dan listrik pun siap dipakai menghidupkan peralatan elektronik sederhana seperti speaker, kompor listrik dan lampu. Fitur Vtol BYD M6 mampu mengubah arus dari baterai ke arus listrik rumahan 220 volt.

Tak sekadar klaim, demo terbatas fitur Vtol BYD M6 varian superior dilakukan di sela acara media test drive di Dago Heritage 1917 di Jalan Lapangan Golf Dago Atas No 78 Bandung. Saat acara makan malam berlangsung daya listrik untuk lampu gantung di area kebun serta kebutuhan pengeras suara sepenuhnya disuplai dari BYD M6 Superior.

Selama pemakaian 1,5 jam, daya yang terpakai sekitar 6,6 Kwh. Jika dirata-rata pemakaian untuk 1 jam 6,6 Kwh dan dipakai secara konstan, maka daya baterai mobil bisa dipakai hingga 100 jam lebih.

“Itu bisa jadi 5 hari untuk camping seperti ini. Jadi poinnya Vtol ini sangat berguna terutama kalau baterainya besar.Seperti M6 superior ini kita punya 71,8 Kwh. Bisa dipakai untuk daya 2,2 Kwh, kalau di atas itu sistem akan otomatis reduce, jadi masih ada overload protection-nya,” kata Adzhar Ibrahim, Aftersales PT BYD Motor Indonesia.

Dia menambahkan, daya listrik maksimal yang boleh dipakai untuk Vtol dari kapasitas total baterai harus menyisakan 15 persen. Hitungannya 15 persen daya baterai sisa dari kapasitas total baterai 71,8 kWh yaitu 10,5 kWh, masih bisa membawa mobil untuk diisi daya kembali ke SPKLU terdekat.

Dalam kesempatan berbeda, Bobby Bharata, Head of Product PT BYD Motor, menjelaskan 15 persen daya baterai dari 71,8 kWh sekitar 10,5 kWh, masih mampu membawa mobil berjalan sekitar 50 Km.

Sekadar informasi, BYD M 6 yang diluncurkan di ajang GIIAS 2024 hadir dalam tiga varian, yaitu M6 Standard, M6 Superior, dan M6 Superior Captain. Varian M6 Standard memiliki konfigurasi tujuh seater dengan kursi yang dapat disesuaikan secara elektrik dan manual.

Sementara M6 Superior menambahkan fitur panoramic sunroof dan ventilasi kursi depan, serta M6 Superior Captain menawarkan konfigurasi enam seater dengan captain seat di bagian tengah. BYD M6 juga hadir dalam empat varian warna, yakni Crystal White, Quartz Blue, Cosmos Black, dan Harbour Grey.

M6 memiliki dua pilihan baterai Blade, yakni 55,6 kWh dengan jangkauan 420 km, dan 71,8 kWh dengan jangkauan 531 km. Sementara untuk harga, BYD M6 Standard dibanderol Rp379 juta. Kemudian varian M6 7-seater Superior Rp419 juta serta varian tertinggi, BYD M6 6-seater Captain Seat Rp429 juta on the road Jakarta dan sekitarnya.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *