Ada Ancaman Instabilitas jika Pemilu Gunakan Sisten Proporsional Tertutup

Ada Ancaman Instabilitas jika Pemilu Gunakan Sisten Proporsional Tertutup

JAKARTA (Kastanews.com): Partai NasDem dan Partai Demokrat mempertegas sikap mendukung sistem porporsional terbuka. Sikap ini jelas berbeda dengan keinginan PDIP yang mengharapkan proporsional tertutup pada Pemilu 2024.

“Kami bersyukur bahwasanya sikap pemerintahan tegas, bersama dengan DPR bersama dengan delapan fraksi yang ada di DPR RI menyatakan kesepakatan untuk lebih memberikan ruang, mendukung sikap mempertahankan sistem proporsional terbuka,” ungkap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu (22/2).

Surya juga menyampaikan prediksinya apabila sistem Pemilu ke depan berubah menjadi proporsional tertutup. Prediksi ini yang turut dibahas dalam pertemuan dengan AHY.

“Jadi di luar sesuatu yang barang kali, kemampuan akal sehat kami, kalau keliru terkait soal ini. Kami bisa menyatakan, prediksi kami, mudah-mudahan kami salah, mudah-mudahan Demokrat dan NasDem salah, ancaman instabiliitas? Jangan sampai terjadi,” ujar Surya.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan partainya dan Partai NasDem menjadi partai terdepan yang menolak wacana sistem pemilu dengan proporsional tertutup.

“Kami akan menjadi yang terdepan. NasDem maupun Demokrat untuk menolak isu yang saat ini terus meresahkan yaitu wacana sistem pemilu proporsional tertutup versus proporsional terbuka,” kata AHY.

AHY juga menyebutkan, wacana penerapan sistem proporsional tertutup bak membeli kucing dalam karung. Menerapkan sistem pemilu proporsional tertutup, kata AHY, hanya akan membuat Indonesia jauh mundur ke belakang. AHY juga memandang sistem pemilu proporsional tertutup sangat buruk apabila diterapkan kembali di Indonesia.

“Buruk sekali kalau Indonesia balik ke sistem proporsional tertutup,” jelas dia.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *