Mbah Bardi Dukung Pembukaan Tol Fungsional Solo-Yogyakarta

Mbah Bardi Dukung Pembukaan Tol Fungsional Solo-Yogyakarta

JAKARTA (Kastanews.com)- Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Subardi,  mendukung pembukaan sementara Jalan Tol Solo-Yogyakarta pada mudik Lebaran 2023. Hal itu bisa membantu mengurai arus lalu lintas.
Jalan Tol Solo-Yogyakarta siap difungsikan sementara atau fungsional saat mudik lebaran tahun ini. Jalan tol tersebut akan dibuka fungsional sepanjang enam kilometer dari Kartasura hingga Pasar Tegalgondo, Klaten. Hanya pemudik dengan mobil pribadi (kendaraan golongan 1) yang bisa melintas secara gratis. Pembukaan jalan tol fungsional itu mulai pukul 07.00-17.00 WIB atau sesuai pengaturan Korlantas Polri.
“Jalan tol ini sangat dinanti masyarakat, sekarang mulai dibuka secara fungsional. Tentu kami mendukung karena akan membantu kelancaran arus mudik,” ungkap Subardi seusai Rapat Dengar Pendapat dengan BUMN Logistik dan Infrastruktur, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/4).
Menurut legislator asal Sleman Yogyakarta itu, pembukaan jalan tol Solo-Yogya sepanjang enam kilometer itu, diharapkan dapat memberikan harapan bagi masyarakat Yogyakarta yang selama ini belum dilintasi jalan tol.
Pembangunan jalan tol Solo-Yogya akan memberi dampak langsung bagi mobilitas barang dan jasa. Selama ini, masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya harus menempuh waktu sekitar dua jam untuk mencapai jalan tol trans Jawa di Bawen maupun Kartasura. Hadirnya Tol Solo-Yogya akan mempersingkat waktu tempuh menjadi hanya 20 menit.
“Saya mewakili masyarakat Yogyakarta berharap pengerjaan selesai sesuai target. Hadirnya jalan tol akan membantu konektivitas barang dan jasa. Arus ekonomi akan lebih lancar. Pembangunan dirasakan langsung oleh masyarakat,” terang Ketua DPW NasDem Yogyakarta itu.
Jalan tol fungsional tersebut akan dibuka pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2023 atau mulai 16 April hingga 30 April 2023. Berdasarkan keterangan resmi Manajer Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jesiman Putra, jalan tol fungsional tersebut akan dibuka dua lajur dengan sistem satu arah.
“Dengan adanya pembukaan fungsional ini kami berharap bisa mengurangi kemacetan dari Tugu Kartasura,” ucapnya.
Jalan tersebut merupakan rangkaian Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo sepanjang 96,57 km. Proyek strategis nasional itu terdiri dari tiga seksi, yaitu Seksi 1 Kartosura-Purwomartani, Seksi 2 Purwomartani-Gamping, dan Seksi 3 Gamping-Purworejo yang juga akan tersambung ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo. (rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *