Bang Tyo Sampaikan Empat Variabel Penting yang Memengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Bang Tyo Sampaikan Empat Variabel Penting yang Memengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

PANGKALPINANG (Kastanews.com): Pentingnya sektor perdagangan dalam upaya mempercepat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi hingga memberi sumbangan berarti dalam penciptaan lapangan usaha, perluasan kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan, membuat anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Zuristyo Firmadata gencar melakukan sosialisasi pentingnya berwirausaha.

Sebelumnya, sosialisasi serupa digelar di Toboali, Bangka Selatan Senin (6/3). Kini anggota Komisi VI DPR RI itu menggelar sosialisasi serupa bertajuk Forum Sosialisasi Kemudahan Berusaha di Fox Harris Hotel, Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Selasa, (7/3). Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Ditjend Perdagangan Dalam Negeri dan Kementerian Perdagangan RI yang merupakan mitra kerja Komisi VI DPR RI.

Dalam sambutannya melalui video, Zuristyo mengatakan bahwa ada empat variabel yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia dan kondisi neraca perdagangan bangsa Indonesia. Ke empat variabel itu adalah sektor konsumsi, belanja pemerintah, investasi dan variabel eksport import.

“Melihat neraca perdagangan kita dari Januari hingga Desember 2022 menurut data BPS tercatat surplus, yakni 3,89 miliar dolar AS. Kinerja positif tersebut melanjutkan surplus neraca perdagangan Indonesia sejak Mei 2020,” ungkap Bang Tyo sapaan akrab Zuristyo Firmadata.

Zuristyo juga menyampaikan, pemerintah hari ini terus berusaha untuk lebih meningkatkan lagi nilai investasi dengan tujuan kemudahan berusaha.

“Investasi berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan  nasional. Investasi memiliki barang modal nonkonsumtif untuk produksi yang memacu produktivitas barang dan jasa. Formulasi kebijakan ekonomi yang proinvestasi sangat diperlukan agar pertumbukan ekonomi terus membaik sehingga peningkatan investasi dapat menjamin kelanjutan pembangunan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan pembangunan ekonomi yang inklusif,” papar Zuristyo.

Legislator NasDem dari Dapil Bangka Belitu itu juga menandaskan, sektor perdagangan merupakan salah satu kegiatan di bidang ekonomi yang mempunya peran strategis.

“Oleh karenanya saya berharap kegiatan ini mampu merangsang para pelaku di sektor perdagangan untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini dengan baik,” pungkas Zuristyo.(rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *