Museum Nasional Kebakaran Ratih Singkarru Desak Investigasi hingga Tuntas

Museum Nasional Kebakaran Ratih Singkarru Desak Investigasi hingga Tuntas

JAKARTA (Kastanews.com): Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ratih Megasari Singkarru, prihatin dan menyayangkan peristiwa kebakaran Museum Nasional. Ia mendesak peristiwa tersebut bisa diinvestigasi dengan tuntas dan menyeluruh.

“Insiden ini mengundang keprihatinan, sekaligus menguatkan kebutuhan mendesak untuk evaluasi menyeluruh terhadap pengamanan dan pengelolaan museum di negeri ini,” kata Ratih dalam keterangannya, Jumat (22/9).

Ratih menegaskan, museum sebagai penyimpanan artefak sejarah Indonesia harus mendapatkan perhatian utama dalam kebijakan pembangunan budaya nasional. Pihak berwenang didesak untuk menginvestigasi kejadian itu secara tuntas dan menyeluruh.

Menurutnya, investigasi penting dilakukan untuk mengetahui apakah insiden ini ada unsur kesengajaan, kelalaian, atau memang merupakan cerminan dari kelemahan sistem mitigasi kebakaran pada gedung Museum Nasional.

“Analisis mendalam akan menjadi langkah awal yang fundamental dalam merumuskan solusi yang efektif untuk memitigasi risiko ke depannya,” imbuhnya.

Ratih meminta pemerintah dan pengelola museum lainnya untuk lebih meningkatkan sistem keamanan. Ini adalah bentuk tanggung jawab kolektif untuk menjaga berbagai peninggalan sejarah yang penting sebagai sumber ilmu pengetahuan, pendidikan, dan warisan kultural bagi generasi mendatang.

Dalam konteks ini, lanjut Ratih, mengingat pentingnya museum sebagai tempat identitas diri bangsa yang tersimpan dari waktu ke waktu, perlu adanya inovasi dalam pengelolaan, perawatan, dan pemeliharaan benda cagar budaya.

“Artefak-artefak ini tidak hanya unik dan rapuh, tapi juga merupakan benang merah atas eksistensi manusia Indonesia dari waktu ke waktu. Maka dari itu, pengamanan berlapis dari ancaman kerusakan maupun kehilangan adalah hal yang mutlak,” tegas legislator dari dapil Sulawesi Barat itu.

Menimbang besarnya risiko dan kerentanan yang ada, Ratih mengusulkan peningkatan deteksi dini ancaman kebakaran beserta mitigasinya. Harus ada sensor yang mendeteksi titik api dan sistem pemadaman yang otomatis, mengingat nilai dan pentingnya benda-benda yang tersimpan di dalamnya.

Museum adalah wujud nyata dari ingatan kolektif bangsa dan saksi bisu perkembangan sejarah. Kebakaran Museum Nasional adalah suatu tragedi yang mengingatkan akan pentingnya pelestarian warisan budaya. Oleh karena itu, kajian risiko bencana terhadap kawasan cagar budaya dan pengelolaan yang optimal harus menjadi prioritas nasional.

“Mari kita sama-sama mengambil bagian dalam menjaga, melestarikan, dan menghargai warisan budaya kita. Mari kita belajar dari insiden ini dan bekerja bersama untuk memastikan keberlanjutan dan kelestarian museum serta artefak-artefak berharga di dalamnya untuk generasi mendatang,” pungkas Ratih.(RO/dis/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *