Gus Amri Gelar Bimtek Asesmen Nasional di Probolinggo

Gus Amri Gelar Bimtek Asesmen Nasional di Probolinggo

PROBOLINGGO (Kastanews.com):  Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Mohammad Haerul Amri bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) atau diskusi kelompok terpumpun (DKT) tentang Asesmen Nasional dan Rapor Pendidikan. Kegiatan dilaksanakan di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (18/7).

Gus Amri, sapaan Mohammad Haerul Amri, dalam sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan tersebut sebagai upaya pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah.

“Asesmen Nasional juga untuk mengukur literasi murid dari semua jenjang sebagai indikator utama kinerja satuan pendidikan dan pemda di bidang pendidikan. Selain itu, juga sebagai upaya pemerintah pusat dan daerah memantau dan memetakan kemampuan literasi murid dari waktu ke waktu,” ujar Gus Amri.

Legislator NasDem itu mengarahkan forum tersebut untuk mempermudah dan mempercepat transformasi komponen verifikasi dan validasi data siswa untuk menyiapkan asesmen pendidikan nasional. Ia juga berharap para guru yang hadir dapat menerapkan hasil dari bimtek.

Terkait harapan agar Kota Probolinggo mendapatkan kuota beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) secara merata, Gus Amri berjanji akan membawa aspirasi itu kepada Mendikbud, Nadiem Makarim.

Para guru juga menyampaikan adanya kendala untuk verifikasi dan validasi data siswa. Gus Amri berjanji akan mengupayakan kegiatan bimtek khusus operator sekolah di dapilnya yakni Jawa Timur II (Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Pasuruan).

“Saya akan mengupayakan ada bimtek operator sekolah agar mempermudah untuk memberikan solusi jika ada data anak didik yang bermasalah saat mengupdate dapodik (data pokok pendidikan) secara berkala,” tegasnya.(rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *