Muhammad Raihan Raih Cume Laude dari Teknik Sipil di Universitas Pertamina 

Muhammad Raihan Raih Cume Laude dari Teknik Sipil di Universitas Pertamina 

Jakarta (Kastanews.com)- Salah satu mahasiswa di Universitas Pertamina angkatan 2018, Muhammad Raihan, mengaku senang dan bangga bisa menyelesaikan pendidikannya.

Bahkan, sosok yang pernah memperkuat tim nasional Indonesia di usia muda tersebut menjadi angkatan pertama yang lulus dari Program Studi Teknik Sipil. Hebatnya lagi, dia meraih predikat Grade A Cum Laude.

“Alhamdulillah, terima kasih banyak buat kedua orangtua dan semuanya. Ketemu tantangannya ketika kegiatan belajarnya online saat pandemi Covid-19, tapi harus tetap fokus, semangat dan banyak berdoa,” katanya.

Dalam karya ilmiahnya berjudul “Normalisasi Sungai Bekasi Dalam Mereduksi Resiko Bencana Banjir di Kota Bekasi”, Raihan mencoba mengembangkan dan mewujudkannya supaya bermanfaat bagi orang banyak.

Raihan juga berbaik hati memberikan beberapa tips bagi teman-teman mahasiswa yang saat ini masih berjuang untuk menyelesaikan pendidikan di Universitas yang beralamat di Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta tersebut.

“Mahasiswa harus bisa memanfaatkan situasi dengan sebaik mungkin, terlebih di masa yang serba online. Dalam kondisi apapun cari cara bagaimana kita bisa nyaman dalam belajar, banyak melakukan riset dan bertanya, menjaga hubungan dengan teman seperjuangan, sebab hal ini bisa membantu sekali dalam belajar,” tambahnya.

Selain itu, Raihan juga memberikan pesan kepada para rekan-rekannya untuk lebih terbuka dalam melihat peluang-peluang yang ada di sekitar. Peluang tersebut salah satunya dapat hadir dalam bentuk kerja sama dan kolaborasi.

Menurutnya, bekerja sama dengan orang lain membuat mendapatkan banyak pembelajaran. Sebab itu, sebaiknya tidak menutup diri dari kerja sama.

Setelah menyandang gelar pertama, Raihan  berencana kembali melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Semangatnya untuk ilmu dan melakukan penelitian, membuatnya sangat terbuka akan opsi-opsi yang ada.

“Sambil menunggu kuliah lagi saya sedang membuat website yang nantinya berguna untuk calon wirausaha dalam memulai, menjalankan dan mengembangkannya. Isinya seputar panduan, cara-cara, langkah-langkah  pendampingan supaya bisa menjadi pengusaha atau wirausaha yang maju dan sukses,” tambah sosok yang pernah menjadi model videoklip band tersebut.

Ketika menjadi model, Raihan menceritakan sedikit pengalamannya. Dia terlihat begitu ikonik dan menawan dalam videoklip yang banyak ditonton di YouTube.

“Seru, menyenangkan, bisa mendapatkan kesempatan dan pengalaman baru. Kita tentu harus tahu dan merasakannya,” tutupnya.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.